Ishak Mekki Raih Penghargaan di Bidang Kesehatan

Bupati Ogan Komering Ilir Ishak Mekki  mendapat penghargaan Manggala Karya Bakti Husada Arutala dari Kementerian Kesehatan RI, Senin (12/11). Penghargaan ini diserahkan langsung Menteri Kesehatan RI  dr. Nafsiah Mboi, Sp. A, M. PH di Balairung Hotel Kartika Candra, Jakarta. Penghargaan ini diberikan karena Ishak dinilai sebagai bupati yang memiliki perhatian sangat tinggi terhadap masalah kesehatan.
 
Dalam penilaian yang dilakukan, Kementerian RI memberi apresiasi terhadap Ishak Mekki terkait tiga kebijakannya. Yaitu, peningkatan alokasi anggaran kesehatan yang tinggi terkait kesehatan ibu, anak dan gizi,  pembangunan puskesmas-puskesmas dan poskesdes yang bagus dan representatif dan program rumah singgah. 

Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp. A, M. PH. Mengatatakan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-48 tahun 2012 ini ditekankan pada semangat dan kerjasama semua pihak dalam melaksanakan pembangunan kesehatan serta menurukan angka kematian ibu dan bayi dan angka kematian anak. 

“Pembangunan kesehatan tidak dapat dicapai oleh jajaran kesehatan sendiri juga harus dilakukan oleh pemerintah daerah, dunia usaha. Oleh karenanya saya ucapkan selamat dan terimakasih setinggi-tingginya kepada para penerima penghargaan atas dedikasi dan komitmennya pada pembangunan kesehatan. Upaya yang dilakukan telah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat” Nafsiah Mboi 

Menurut Ishak Mekki, penghargaan yang diterimanya merupakan apresiasi terhadap kerja keras yang sudah dilakukan pemerintah kabupaten dan DPRD OKI serta partisipasi warga.

 “Indonesia sehat itu adalah agregasi dari sehatnya semua warga dari tiap daerah. Karena itu, penghargaan ini merupakan pemacu semangat untuk meningkatkan derajat kesehatan warga di OKI, ” katanya. 

Ishak Mekki menyatakan, upaya peningkatan kesehatan warga yang akan dilakukan tak hanya terkait sarana fisik, tetapi juga peningkatan sumber daya manusia yang bergiat di bidang kesehatan. 

Terkait sarana fisik, misalnya, Pemkab OKI menargetkan pada 2014 seluruh desa telah memiliki puskesdes. “Saat ini sudah ada 299 puskesdes. Tahun ini sedang dibangun 11 lagi. Tahun depan direncanakan 15 puskesdes,” urainya. 

Sementara untuk peningkatan SDM, Ishak menyatakan Pemkab akan terus meningkatkan program yang sudah ada, baik itu berupa pemberian beasiswa hingga pemberian insentif khusus bagi tenaga kesehatan yang bekerja di daerah terpencil. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, Dr. Mgs. Hakim, M Kes mengatakan  Ada banyak perbaikan yang signifikan menyangkut kualitas kesehatan di OKI dibandingkan dengan 10 tahun lalu. 

“Untuk meringakan masyarakat, Salah satu terobosan yang dilakukan Pemkab. OKI yaitu rumah singgah. “Ini program sederhana yang sangat mengena dan sangat berorientasi pada warga,” kata Hakim 

Selain Ishak Mekki, ada sejumlah bupati yang juga mendapat penghargaan yang sama, yaitu Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kabupaten Minahasa Utara Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Balungan dan Kabupaten Lahat Sumsel.
Tags: ,