Ohio Kunci Kemenangan Obama

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengalahkan kandidat Partai Republik Mitt Romney dalam Pemilu Presiden AS 2012. Negara bagian Ohio menjadi kunci kemenangan bagi Obama.
Presiden ke-44 AS itu sebelumnya merebut electoral vote di wilayah penting seperti New Hampshire, Michigan, New Mexico, Iowa, Wisconsin, Pennsylvania dan Minnesota. Namun Ohio menjadi penentu kemenangan Obama meraih periode kedua sebagai Presiden Amerika Serikat. Demikian diberitakan CNN, Rabu (7/11/2012).
CNN menyebutkan Obama berhasil meraih electoral vote mencapai 281. Sementara Romney hingga kini hanya mendapatkan 201. Jumlah yang diraih Obama sudah cukup untuk menjabat kembali sebagai presiden, karena minimalnya, kedua kandidat memerlukan 270 electoral vote untuk memasuki Gedung Putih.
Obama dengan mudah memenangkan suara di wilayah tradisional seperti California, New York. Kemenangan Obama di Michigan juga menjadi tamparan bagi Romney karena daerah tersebut adalah daerah kelahirannya. Obama juga menang di Massachusetts, yang dimana Romney sempat menjabat sebagai gubernur.
Upaya Romney untuk mengupakan kemenangan di wilayah Midwest sepertinya gagal total, karena Obama berhasil membalikkan keadaan di saat-saat akhir. Kemenangan ini membuat Obama kembali menjadi Presiden AS untuk masa empat tahun ke depan.
Kini baik Obama maupun Romney masih menunggu hasil penghitungan suara di Florida dan Virginia. Namun, meskipun Romney berhasil menang di kedua wilayah tersebut, tetap saja tidak cukup untuk membawa Romney melewati Obama. (Net)
Tags: