TPS Pemilihan Presiden AS Mulai Dibuka

JURNAL, WASHINGTON - Tempat pemungutan suara (TPS) pemilihan presiden Amerika Serikat dibuka Selasa, dan calon Demokrat yang berkuasa Barack Obama dan penantang Republik Mitt Romney terkunci dalam pemilihan ketat setelah ledakan pada menit-menit terakhir kampanye.
Pemungutan suara dibuka pukul 6.00 waktu setempat di medan pertempuran negara bagian New Hampshire dan Virginia – yang bisa memutuskan pemilu – serta New York, New Jersey, Connecticut, Indiana, Kentucky, Maine dan Vermont.
Setelah hampir dua tahun musim kampanye – yang paling mahal dan salah satu paling negatif pada catatan – Amerika akan memutuskan apakah akan memilih kembali Obama meskipun perekonomian lesu atau memilih untuk perubahan yang dijanjikan oleh Romney.
Obama dipandang sebagai sedikit favorit, dengan keunggulan tipis pada jajak pendapat nasional terbaru dan – lebih penting – mempersempit di sebagian besar negara penentu yang diharapkan untuk memutuskan pemilu.
Dalam pemilihan presiden AS tersebut tidak dipilih oleh suara rakyat, tetapi secara tidak langsung melalui electoral college, di mana negara-negara bagian memilih berdasarkan penduduk, dengan kandidat membutuhkan 270 dari 538 electoral votes untuk menang.
Pemungutan suara pertama Selasa dilakukan hanya beberapa saat setelah tengah malam di dusun kecil Dixville Notch, New Hampshire, yang menawarkan surat suara pemilu pertama di AS.
Untuk pertama kalinya suara diikat – dengan Obama dan Romney masing-masing menerima lima suara.
Pemungutan suara awal telah berlangsung di beberapa negara bagian selama beberapa pekan. (antara)
Tags: