Atlet Dayung Sumsel Berpeluang Masuk Tim SEAG

Tiga orang atlet dayung Sumatera Selatan berpeluang masuk Tim SEA Games Myanmar 2013 setelah terpilih bergabung dalam pemusatan latihan nasional sejak tiga bulan lalu.
"Tiga atlet yakni Yuniarti, Maryati, dan Wahyuni, saat ini menjalani pelatihan nasional di Pengalengan, Jawa Barat, yang sekaligus ajang seleksi masuk Tim SEA Games," kata Pelatih Dayung Sumsel Eva Rulianingtias di Palembang, Senin.
ilustrasi
Ia mengatakan ketiga atlet itu mendapat panggilan seleksi karena meraih medali pada PON XVIII di Riau, September 2012.
Ia mengatakan bahwa panggilan mengikuti pemusatan latihan nasional ini untuk kali pertama diterima Sumsel.
"Meski tidak meraih medali emas, tapi ketiganya dipanggil lantaran meraih satu medali perak dan satu perunggu," ujarnya.
Selain itu, ia melanjutkan, khusus Yuniati telah mewakili Indonesia pada Kejuaraan Dunia Dayung di Sydney, Australia, 22-24 Maret lalu.
Atlet berusia 21 tahun itu berpasangan dengan Mariam asal Papua turun pada nomor double skule kelas ringan putri.
"Walaupun finis pada urutan 11 tapi hasil ini sudah cukup memuaskan karena diikuti negara-negara seperti Cina, Australia, New Zealand, Korea, Jepang dan lainnya," katanya.
Ia menambahkan sementara ini empat atlet dayung masuk pembinaan atlet andalan dalam program Pusat Pembinaan dan Pelatihan Provinsi KONI Sumsel untuk persiapan PON di Jawa Barat 2016.
"Dari 11 atlet dayung Sumsel yang masuk tim PON di Riau, hanya empat atlet yang terpilih masuk program Puslatprov Sumsel karena program ini khusus bagi atlet yang mendapatkan medali," katanya.
Keempat atlet dayung itu adalah Wahyuni, Yuniarti, Maryati, dan Elin Winda Sari.
"Prestasi dayung Sumsel mulai menanjak setelah memulai membina atlet di tahun 2004. Harapannya pada PON tahun 2016 bisa menyumbangkan medali emas," ujarnya.(rr)
(C) antaranews.com
Tags: ,