Simpan Sepatu di Kulkas Bisa Hilangkan Bau Sepatu?

Bila Anda hampir setiap hari menggunakan sepatu, maka Anda pasti tahu resiko bau kaki yang mungkin menghinggapi Anda. Memang menggunakan sepatu cenderung membuat kaki kita berkeringat. Apalagi di musim panas yang rawan bikin bau badan dan gerah.
Untuk bisa mengatasi masalah tersebut, kita perlu menjemur atau mencuci sepatu yang bau. Itupun tidak memberikan hasil yang maksimal. Sayangnya, tidak setiap hari kita bisa membersihkan atau menjemur sepatu sehingga bisa bebas bau. Namun, sebuah penelitian simpel di Jepang membuktikan bahwa trik yang satu ini bisa membantu Anda menghilangkan bau sepatu dengan cepat dan mudah.
Tim Rocketnews dari Jepang, mencoba membuktikan teknik mudah dari eHow. Mereka meminjam sepatu seorang wanita yang aktif di luar ruangan dan menggunakan sepatunya secara harian hingga baunya cukup menyengat. Tim Rocketnews memasukkan sepasang sepatu tersebut ke dalam kantung plastik dan menyimpannya di freezer semalaman. Ide ini nampak konyol, namun mari kita lihat bagaimana kemumpuniannya?
Setelah sepatu tersebut diambil lagi keesokan harinya, Tim Rocketnews mencoba mencium sepatu tersebut dan tak ada bau-bauan yang mengganggu sama sekali. Untuk membuktikan apakah hal ini bertahan lama, mereka menunggu beberapa saat sampai suhu dinginnya mereda. Sejam kemudian, mereka mencoba mencium sepatu tersebut dan membuktikan bahwa masih tidak ada bau yang melekat di sepatu tersebut. Artinya, trik ini sukses!
Bau kaki yang tidak enak sebenarnya berasal dari bakteri yang ada dalam sepatu yang lembab. Bakteri ini tidak bisa hidup di area yang sangat dingin. Bila bau masih ada setelah sepatu didinginkan, Anda bisa memasukkan baking soda semalaman ke dalam sepatu. Tidak dijelaskan apakah hal ini berlaku pada sepatu berbahan kain.
Nah, bila Anda dalam kondisi darurat dan harus menggunakan sepatu Anda keesokan hari namun sepatu tersebut bau, coba saja trik ini.
Tags: