5 Perampok Sindikat Palembang Ditangkap


Ilustrasi
Jurnal, Jakarta - Satuan Resmob Polda Metro Jaya menangkap perampok sindikat Palembang. Sindikat beranggota enam orang itu sudah beraksi lebih dari lima kali dan meraup keuntungan lebih dari Rp200 juta.

Pelaku ditangkap setelah beraksi di halaman Bank BCA, Kawasan Jababeka I, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, pada 17 Juli 2013 sekira pukul 12.45 WIB. Korbannya adalah warga negara Singapura, Gohel Praful Chandra dan Anupam Praful Chandra Gohel.

Kejadian berawal saat korban masuk ke dalam bank untuk menyetor uang. Di dalam bank tersebut, seorang pelaku berinsial ARM sudah mengintai korban. Saat korban keluar sambil menenteng tas, ARM menghubungi pelaku lainnya yang ada di luar sambil menggambarkan ciri-ciri korban.

Pelaku lalu menguntit korban yang mengendarai mobil Toyota Innova hitam nomor polisi B 1793 FFJ. Sebelumnya, pelaku juga sudah memasangi ban mobil korban dengan paku yang terbuat dari besi payung.

Sekira 15 menit pejalanan, ban mobil korban sebelah kiri bagian belakang kempes. Korban menepikan mobilnya untuk mengganti ban yang kempes.

"Saat korban sibuk mengganti ban, tersangka P mengambil tas milik korban yang ada di mobil. Tersangka DC juga membuka pintu depan sebelah kanan," kata Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya, Adex Yudiswan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (25/7/2013).

Apes, tersangka DC berhasil ditangkap oleh korban. Tersangka S dan SA yang berperan membonceng P dan DC berhasil kabur. Pelaku lainnya yang juga kabur yakni HS. Dia berperan menutupi jalan pengendara lain.

Berhasil menggondol tas warna hitam yang diduga berisi uang, P juga ikut melarikan diri. Namun ternyata, tas tersebut bukan berisi uang seperti yang digambarkan tersangka ARM, tapi berisi dokumen-dokumen. Sedangkan uangnya, sudah disetorkan korban ke bank.

"Pelaku ini spesialis perampok nasabah bank dengan modus menggemboskan ban," terang Adex.

Tertangkapnya DC membuahkan titik terang untuk menangkap S, P, SA dan H. Sedangkan ARM saat ini masih dalam pencarian. Pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. (okezone)
Tags: ,