Agustus, Perundingan Ronde Kedua Palestina-Israel Dimulai

 
Perundingan damai Palestina-Israel (Foto: AP)
Jurnal, Washington - Ronde kedua dari dialog damai Israel dan Palestina akan mulai dihelat dua pekan dari sekarang. Perbincangan lanjutan ini akan dilaksanakan di Tepi Barat pertengahan Agustus nanti.

Pembicaraan ini dimulai dari komitmen sembilan bulan oleh kedua belah pihak untuk mengatasi perbedaan pendapat dalam status pembentukan Negara Palestina. Ini termasuk pula ditentukannya batas negara Palestina.

Selain itu, perjanjian keamanan kedua negara dan nasib penggungsi yang tercipta akibat Perang Arab–Israel antara tahun 1948 dan tahun 1967, juga menjadi perhatian. Salah satu isu penting yang jelas dibahas adalah kedaulatan dari Yerusalem.

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama sendiri dijadwalkan akan bertemu negosiator dari kedua belah pihak selasa waktu 30 Juli waktu setempat. Maksud pertemuan itu AS akan memberikan Israel dan Palestina surat yang isinya menjelaskan poin AS terhadap perundingan ini.

Point itu adalah untuk memulai perundingan damai lewat batas wilayah yang ditentukan sebelum perang 1967, harus disesuaikan dengan rencana pertukaran lahan untuk memperhitungkan pemukiman Israel di Tepi Barat. Dalam perang tahun 1967 lalu Israel telah memegang kendali terhadap jalur gaza, Semenanjung Sinai dari Mesir – sekarang sudah menjadi Uni Emirat Arab-, Tepi Barat dan Yerusalem Timur sampai dataran tinggi Golan di Suriah.

Surat obama juga mendeklarasikan Israel adalah Negara yahudi. Obama juga percaya bahwa administrasi pembentukan negara Palestina adalah tempat bagi pengungsi Palestina untuk kembali.

Pihak Gedung Putih sendiri menekan mengenai surat obama.” Kita semakin dekat dengan langkah yang dibuat, Presiden Obama sendiri telah memulai jalan perundingan sejak mengunjungi Timur Tengah maret lalu," ujar pihak Gedung Putih, seperti dikutip UPI, Rabu (31/7/2013). (okezone)
Tags: ,