Buah Karmunting Asli dari Hutan Ogan Ilir

 
Wisata Budaya OI - Buah Karmunting adalah buah alam atau buah hutan asli di Kabupaten Ogan Ilir, buah ini banyak ditemukan dihutan-hutan kecil terutama di desa Sakatiga Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Buah ini termasuk sudah menjadi buah yang cukup langka untuk sekarang ini, selain karna sudah jarang ditemukan, populasi pertumbuhannya juga sudah berangsur punah karna sudah banyak hutan-hutan kecil yang dibuka.
 
Buah karmunting berbentuk kecil-kecil hanya sebesar ibu jari atau jempol tangan, buah ini mengalami tiga kali perubahan warna. Buah karmunting yang masih muda berwarna hijau, setelah agak ranum berwarna merah, dan apabila ranum sekali buah ini berwarna hitam. Buah paling enak dimakan pada saat baru dipetik dari tangkainya dengan rasa yang manis dan gurih, struktur buahnya legit dan banyak biji-biji kecil di dalamnya.
 
Tetapi awas!!! jangan terlalu banyak makan buah ini, jika terlalu banyak dan tidak dibarengi dengan minum air putih yang banyak pula, maka bisa mengakibatkan susah buang air besar. Selain buah karmunting, buah asli hutan Ogan Ilir antara lain, buah nasi, buah esolan, dan buah salam. (by Kopli)
Tags: