Budaya Bekarang (Mencari Ikan)

 
Wisata Budaya OI - Ogan Ilir adalah daerah yang dilalui oleh beberapa aliran anak sungai, diantaranya adalah aliran Sungai Ogan dan aliran Sungai Kelekar, yang membentang di sepanjang Kabupaten Ogan Ilir. Masyarakat Ogan Ilir pun memanfaatkan anak sungai ini sebagai tempat untuk mandi mencuci dan bahkan memanfaatkan sumber daya air sungai berupa ikan yang ada di dalam sungai tersebut.
 
Budaya Bekarang (mencari ikan) adalah salah satu ragam aktifitas keseharian masyarakat Ogan Ilir terutama yang bermukim di bantaran Sungai Ogan dan Sungai Kelekar. Peralatan yang dipakai pun bermacam-macam, mulai dari panjing, jala, pukat, tajur pengilar dan lain-lain.
 
Ikan yang didapat pun bermacam-macam, mulai dari ikan seluang, ikan kujam atau ikan palau, ikan berengit, sepat laut, sepat mate abang, ikan gabus atau ikan ruan, ikan lambak dan masih banyak macamnya. Bekarang ini juga mempunyai beberapa jenis, yang diantaranya ngabal atau ngerogo, melopak, ngesar lebung, ngempang dan yang paling sering digunakan sekarang adalah memasang pukat arat. (by Kopli)
Tags: