Budaya Lebaran : Naik Sekoci atau Boat Lidah

 
Wisata Budaya OI - Kabupaten Ogan Ilir memang dikenal banyak budaya dan adat istiadatnya, salah satunya budaya naik sekoci alias speed boat. Nah.. acara naik sekoci alias speed boat ini cuma dilakukan pada waktu lebaran saja. Baik itu lebaran Idul Fitri maupun Idul Adha.
 
Penggemar naik sekoci ini bukan saja dari anak-anak muda, tetapi orang tua bahkan anak-anak kecil pun ikut memeriahkan budaya naik sekoci ini. 
 
Rute yang ditawarkan bermacam-macam tergantung dengan kedalaman air pada sungai Ogan atau sungai Kelekar. Jika air sungai dalam maka rute yang ditawarkan dari jembatan Indralaya menuju jembatan Muara Meranjat dengan jarak tempuh lebih kurang ½ jam. Tetapi jika air sungai Ogan surut maka rute perjalanan biasa berubah dari jembatan Indralaya menuju daerah Tanjung Putus atau ke arah desa Muara Penimbung.
 
Harga atau ongkos perjalanan dalam 1 rate atau rute untuk saat ini berkisar antara 15 sampai 20 ribu per orang. Dengan kapasitas speed boat cuma mampu menampung 5 sampai 6 orang.
 
Budaya lebaran naik speedboat atau sekoci ini sudah berlangsung puluhan tahun yang lalu, bahkan lebaran seolah tidak akan bermakna jika tidak dimeriahkan oleh speedboat ini. Naik sekoci atau speedboat ini selama lebaran dapat berlangsung hingga 5 sampai 6 hari itulah makanya di Ogan Ilir kalau lebaran biasa sampai 5 atau 6 hari karna menghitung budaya naik speedboat ini. (by Kopli)
Tags: