Dinkes : Siagakan Dokter 24 Jam di Posko Kesehatan



Jurnal, Indralaya - Dinas Kesehatan Ogan Ilir akan menempatkan dokter dalam posko lebaran yang bertugas selama 24 jam non stop. Selain seorang dokter yang bertugas dalam posko, mobil ambulans dan peralatan kesehatan pun telah disiapkan.

Kepala Bidang Promosi dan Pelayanan Kesehehatan Dinas Kesehatan Ogan Ilir, Apriyadi mengatakan, menyambut lebaran Idul Fitri ini pihaknya akan membuka tiga posko kesehatan untuk mengantisipasi kecelakaan selama arus mudik dan arus balik.

"Ada tiga posko kesehatan untuk menyambut lebaran ini. Masing-masing posko ada dokter dan beberapa petugas kesehatan yang standby selama 24 jam," katanya, Kamis (17/7).

Menurut dia, ketiga posko tersebut tersebar di Tikungan Jalintim tepatnya depan RM Tahu Sumedang, Puskesmas Indralaya dan di Kec Tanjung Raja. Ketiga posko kesehatan itu, nantinya akan beroperasi pada H-7 hingga H+7 hari raya Idul Fitri.

Ia menambahkan, bila posko tersebut terdapat pasien yang perlu dirujuk, dirinya menegaskan ketiga posko tersebut sudah memiliki tujuan sendiri. Posko yang terletak di Jalintim Palembang-Indralaya Tikungan RM Tahu Sumedang dan Puskes Indralaya, langsung bisa dirujuk ke rumah sakit yang ada di Palembang. Sedangkan untuk posko di Tanjung Raja, bisa langsung merujuk pasien ke RSUD Kayuagung atau Palembang.

Apriyadi menegaskan, selain adanya ketiga posko yang bertugas untuk antisipasi kecelakaan selama Idul Fitri, pelayanan puskesmas maupun poskesdes di kabupaten Ogan Ilir tetap berjalan seperti biasanya.

"Tetap berjalan seperti biasanya. Tapi, yang diintensifkan yakni ketiga posko ini. Karena, petugas kesehatan di Posko itu berasal dari tiga puskesmas di Kabupaten Ogan Ilir," jelasnya yang juga mengungkapkan, posko kesehatan itu juga nantinya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak tertentu seperti Polres Ogan Ilir dan lainnya. (sumsel tribun)
Tags: ,