Imigran Gelap yang Tewas di Cianjur Berjumlah 11 Orang

Ilustrasi
 
Jurnal, Nasional - Korban tewas akibat tenggelamnya kapal kayu yang membawa 204 warga Irak, Iran dan Srilangka di perairan di 45 km lepas pantai Desa Sukapura, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, berjumlah 11 orang.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Ronny F Sompie, mengatakan, sejauh ini tim gabungan dari Polda Jawa Barat dan Polres Cianjur, serta Pemerintah Daerah Jabar sudah berhasil menemukan 200 WNA.

"Sebanyak 189 selamat dan 11 orang meninggal dunia. Dengan data ada 204 WNA yang naik kapal tongkang dan tenggelam. Berarti masih ada empat orang yang masih dalam pencarian termasuk nahkoda dan kru kapal," jelas Ronny saat ditemui di Gedung Humas Polri, Jakarta, Kamis (25/7/2013).

Sementara itu, diakui Ronny, pihaknya sedang mendalami bagaimana kapal kayu dengan rute Makassar sampai Cilacap. "Direktorat reserse Polda Jabar masih melakukan pendalaman untuk mencari tahu bagaimana kapal itu bisa membawa imigran gelap?" sambungnya.

Ronny menambahkan, Mabes Polri berkoordinasi dengan Polda Jabar untuk membawa para korban tewas dalam kejadian tersebut ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

"Mabes Polri ambil alih terhadap mayat-mayat yang menjadi korban jiwa. Sehingga, perawatan jenazah membebani RS Polri dan tidak membebani Polda Jabar yang sedang fokus pada operasi ketupat," pungkasnya. (okezone)
Tags: ,