Ishak Mekki Ajak Bangkitkan Budaya Gotong Royong

Bupati OKI Ir H Ishak Mekki MM menyerahkan trofi dalam kegiatan gerakan nasional bulan bakti gotong royong masyarakat ke X kepada Alex, Camat Pampangan OKI


Jurnal, Kayuagung - Bupati OKI H. Ishak Mekki mengajak untuk kembali membangkitkan budaya gotong-royong ditengah-tengah masyarakat. Hal ini dikatakan Ishak saat menghadiri peringatan Hari Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke-10, Hari Kesatuan Gerak PKK ke-41 dan Hari Keluarga Nasional ke-20 Tingkat Kabupaten OKI di Lapangan Komplek Palm Agung, Kelurahan Kuta Raya, Kayuagung, Rabu (3/6/13) Kemarin.
 
“Budaya kerjasama, saling bantu atau gotong adalah warisan leluhur kita. budaya asli bangsa ini patut kita bangkitkan kembali karena amat mulia nilainya. Dengan gotong royong pekerjaan berat menjadi ringan yang susah menjadi mudah” ungkap Ishak.

Dalam suasana santai dan penuh kekeluargaan Ishak menceritakan budaya gotong royong yang ada di masayarakat OKI “Salah satu budaya gotong royong yang ada di masyarakat OKI, yaitu dalam hajatan pernikahan. Semua keluarga membantu mulai dari perabot rumah tangga hingga rumah jika mampu. Ini bentuk gotong royong dalam keluarga untuk menghantarkan sang anak agar mandiri” kata Ishak. Ishak juga menceritakan keberhasilan dirinya membangun OKI adalah berkat kerja sama dan gotong royong dari masyarakat OKI yang terus mendukung program pemerintah.

“Dulu ketika saya bertugas di PU Bina Marga dan mendapat tugas di OKI saya mengajak warga di Kelurahan Paku dan Kuta Raya ini gotong royong membangun jalan lintas dari Kelurahan Paku ke Kelurahan Kuta Raya dengan bantuan masyrakat jalan yang sekarang dikenal dengan jalan Sangabut ini selesai tepat waktu. Ketika menjadi Bupati saya sangat berkeinginan agar di kelurahan seberang ini sama majunya dengan pusat kota. Sekolah unggulan dibangun disini, Sport Center, Jalan Sepucuk, dan instalasi air bersih kita sediakan agar masyarakat menikmati hasil pembangunan” tutur Ishak.

Dalam kesempatan yang sama tokoh masyarakat Kayuagung, Abdullah Syahri Soleh memberikan apresiasi dan mengucap terimakasih kepada H. Ishak Mekki yang telah membawa kemajuan bagi masyarakat OKI

“Sebentar lagi Bapak Bupati akan meninggalkan kami dan insyaAllah melanjutkan tugas sebagai Wakil Gubernur Sumsel. Menghantar Bapak ke Provinsi kami ingin mengucapkan terimakasih atas kinerja dan dedikasi Pak Ishak dua puluh tahun lebih mengabdi untuk masyarakat OKI” ungkap Sahri Soleh.

Dikatakannya masyarakat Kuta Raya dan sekitarnya ini betul-betul menikmati pembangunan. “Tahun 1997 Kuta Raya ini adalah hutan belukar, jalanan becek dan berlumpur kini semua bagai mimpi jalan mulus, air bersih mengalir di rumah-rumah warga, sekolah, fasilitas olahraga lengkap di seberang ini” tambahnya.

Peringatan Hari Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke-10, Hari Kesatuan Gerak PKK ke-41 dan Hari Keluarga Nasional ke-20 Tingkat Kabupaten OKI ini dirangkai dengan berbagai kegiatan meliputi bidang kemasyarakatan, Ekonomi, Sosbud dan lingkungan. Kaban PMD OKI, H. Nehru BHM Saleh, S. Sos mengatakan tujuan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat tahun ini adalah sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dengan berdasarkan kebersamaan dan integrasi sosial.

Dalam acara ini Bupati menyerahkan piala penghargaan kepada para pemenang berbagai lomba dalam rangka bulan bhakti gotong royong dan menyerahkan bantuan masing-masing handtractor untuk kelompok tani di Kecamatan Jejawi, SP Padang, Pampangan dan Kota Kayuagung. (Humas OKI)
Tags: ,