Menteri PU Tinjau Langsung Pembangunan Tol Palembang-Inderalaya

Menteri PU Republik Indonesia, Djoko Kirmanto bersama Rombingan tengah melihat sket jalan tol Palembang Indralaya di titik nol Jalintim Indralaya, Selasa (23/7/2013)
Jurnal, Indralaya - Selasa, 23 Juli 2013, Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Joko Kirmanto meninjau proyek pembangunan jalan tol Palembang-Inderalaya sepanjang 22kilometer. Hal itu seiring dengan semakin meningkatnya kuantitas kendaraan sekaligus meminimalisir dampak kemacetan yang terjadi disepanjang Jalintim Ogan Ilir.

"Kalau masyarakat Ogan Ilir sangat merespon dan menginginkan pembangunan jalan tol Palembang-Inderalaya ini, maka kami minta pihak terkait segera mengerjakannya paling lambat November tahun ini,"kata Menteri PU, Joko Kirmanto, kemarin.

Bahkan untuk merealisasikan pembangunan mega proyek tersebut, kata Menteri, pihaknya juga telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp1,2triliun yang bersumber dari APBN.

Dana yang disiapkan itu, sambung Menteri, selain digunakan untuk pengerjaan pembangunan jalan tol, juga dialokasikan untuk pembebasan lahan warga yang terkena pembangunan.

"Ya, kami optimis pengerjaan pembangunan jalan tol ini dapat selesai dalam kurun waktu satu tahun ke depan,"ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU BM Ogan Ilir, H Muhsin Abdullah menambahkan khusus Ogan Ilir akan bertugas melakukan pendataan awal terhadap pemilik lahan yang terkena pembangunan jalan tol.

"Untuk sosialisasi sudah dilakukan ke pemilik lahan. Hanya saja kami akan kembali meninjau ulang pembangunan jalan tol itu menginggat sket jalur pembangunan berubah,”tuturnya.

Usai melakukan pendataan dan pembebasan ganti untung, kata dia, maka tigas selanjutnya dilimpahkan kepada investor selaku pihak ketiga yang melakukan pengerjaan pembangunan jalan tol. (Liputan Mang Suib)
Tags: ,