Sat Lantas OKI Patroli Beduk Sahur

Anggota Lantas Polres OKI saat Menggelar Beduk Sahur

Jurnal, Kayuagung - Ada-ada saja kreativitas yang dilaksanakan oleh Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Ogan Komering Ilir (OKI) dalam melaksanakan tugasnya, betapa tidak, dalam melaksanakan kegiatannya menjaga kambtibmas, satlantas Polres OKI menggelar Patroli Beduk Sahur.
 
Kegiatan patroli beduk sahur ini dilakukan oleh jajaran anggota lantas Polres OKI dengan cara mengendarai kendaraan patroli lantas yang diatasnya disiapkan sebuah beduk dan seraya dipukul oleh anggota lantas yang bertugas, hal ini jelas sangat unik, selain guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat juga membantu masyarakat yang harus bangun untuk bersiap-siap sahur.

Kasat Lantas Polres OKI, AKP Tamimi SH  mengatakan, selama bulan ramadhan ini satlantas polres OKI melaksanakan patroli beduk sahur, kegiatan ini dilakukan dengan cara mengendarai mobil patroli satlantas, kemudian diatas kendaran tersebut disiapkan beduk dengan alat pukulnya, selanjutnya berkeliling dengan tujuan membangunkan masyarakat untuk bersantap sahur.

Dikatakannya, selain merupakan kegiatan patroli rutin dalam menjaga kamtibmas dan mengantisipasi kriminalitas, hal ini dilakukan untuk menyemarakan puasa yaitu dengan melaksanakan tugas patroli sekaligus juga mendapatkan amal dengan cara membangunkan warga untuk sahur disekeliling kota kayuagung.
 
Kegiatan patroli ini dilakukan berkeliling disejumlah jalan protocol dan berkeliling di perumahan warga di kayuagung, diantaranya simpang Tugu Gajah Celikah, jalan sepucuk, Jalan Arah Desa Serigeni dan Talang Pangeran, anggota polisi yang ada diatas mobil patroli seraya memukul beduk dengan meneriaki kata-kata sahur-sahur kepada seluruh masyarakat yang dilintasinya.
 
“Kegiatan ini sudah  mulai sejak awal ramadhan dan rencananya akan dilakukan hingga malam menjelang lebaran, intinya selain membangunkan sahur masyarakat yang lebih penting lagi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama menjalankan ibadah puasa, setiap kegiatan kita menurunkan 2 unit kendaraan lalulintas dengan 8 orang anggota.” Jelas Tamimi.

Sementara itu Kapolres OKI AKBP Erwin Rachmat, Sik menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu waspada dalam mengantisipasi berbagai tindak kejahatan yang dapat menimpa siapa saja, oleh sebab itu masyarakat hendaknya dapat lebih berhati-hati dalam melaksanakan berbagai kegiatannya.
 
“Kalau mau Tarawih hendaknya rumah dikunci dengan rapat serta pastikan tidak ada api bekas memasak yang masih menyala maupun aliran listrik yang dapat menyebabkan terjadinya konsleting.” Katanya.
 
Selain itu masyarakat juga diminta untuk berhati-hati dalam memarkirkan kendaraan diluar rumah, sebab hal ini akan mengundang reaksi para pelaku curanmor untuk melaksanakan aksinya, oleh karenanya jika kendaraan diparkir diluar hendaknya ditambah dengan kunci pengaman.
Disinggung mengenai kegiatan patroli beduk sahur  yang dilaksanakan oleh sat lantas, kapolres menyambut baik hal tersebut dan meminta jajarannya di masing-masing fungsi untuk terus menggiatkan patroli sehingga dapat mengantisipasi berbagai ancamana tindakan kriminalitas. (net)

Tags: ,