Foto Bersama Usai Upacara Pramuka ke-52 (Foto : BeritAnda)
Jurnal, Indralaya - Bertempat di Lapangan Sepakbola Torpedo samping Mapolsek Indralaya, Kamis, 15 Agustus 2013 kemarin, Bupati OI, H. Mawardi Yahya menjadi pembina upacara dalam Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-52. Upacaa tersebut dihadiri oleh seluruh kepala SKPD dan Unsur Muspida Se-Kabupaten Ogan Ilir.
 
Rasa solidaritas, bela negara, persatuan dan kesatuan, masih rendah. Ditambah lagi rendahnya prilaku kaum muda yang tidak hormat, budaya merokok yang sangat memprihatihkan.

“Disinilah diperlukan Pramuka sebagai organisasi kepanduan pemuda Indonesia, untuk membentuk kaum muda yang berkarakter,” demikian dikemukakan Bupati OI H Mawardi Yahya, saat membacakan pidato Kakwarnas.

Bupati menambahkan, Pramuka dijadikan kegiatan ekstrakulikuler wajib dengan mendirikan Gudep di setiap sekolah. Sistim pendidikan Pramuka, sistim akreditasi Gudep, dan telah masuk dalam uji coba, sertifikasi, serta lisensi.

"Kaum muda merupakan penduduk terbesar di tanah air, karenanya Pramuka dituntut untuk dapat berkontribusi yang nyata termasuk menyelesaikan masalah kaum muda. Pramuka diharaapkan dapat membentuk karakter yang lebih baik untuk menjadi pemimpin yang lebih handal di masa mendatang," terangnya.

H Mawardi Yahya dalam pidatonya juga menyampaikan rasa bela sungkawa atas meninggalnya salah satu pengurus Kwarcab Kabupaten OI, Kak M Sanggup Mansir, yang seyogyanya menerima penghargaan Pancawarsa, namun beliau meninggal dunia di usia 70 tahun tepat dihari HUT Pramuka 14 Agustus 2013.

Usai upacara dilanjutkan atraksi beladiri dan tari Beras Pegagan oleh siswa MAN 1 Indralaya dan SMP 1 Indralaya, serta sesi photo bersama . (Liputan Mang Suib)
Tags: ,