Gerakan Pramuka OKI, Garda Terdepan Membangun Pendidikan Karakter

Penyematan tanda jasa Pancawarsa dan Dharma Bhakti
Jurnal, Kayuagung - Gerakan Pramuka menjadi garda terdepan dalam membangun karakter bangsa. Hal ini karena gerakan Pramuka dinilai mampu menanamkan nilai-nilai luhur untuk mendidik karakter penerus bangsa. Demikian amanat Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Azrul Azwar sebagaimana dibacakan oleh Kajari OKI, Subeno, SH, MH saat menjadi Pembina Upacara peringatan hari Gerakan Pramuka 52 di Halaman kantor Bupati OKI, Senin (19/8/13).

Dikatakan Ka.Kwarnas sebagaimana dibacakan pembina upacara, Keberhasilan gerakan Pramuka dalam waktu tujuh tahun terakhir dibagi menjadi 3 milestone, yaitu pertama, dicanangkannya program Revitalisasi Pramuka oleh SBY tahun 2006. Kedua, terbitnya UU No.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Terakhir, masuknya pendidikan kepramukaan ke dalam Kurikulum 2013 sebagai ektrakuliluler wajib.

Senada dengan itu, Gerakan Pramuka Cabang Kabupaten OKI menyatakan siap menjadi garda terdepan penyelenggaraan pendidikan karakter di Kabupaten OKI. Sebagaimana diungkapkan Ketua Umum Gerakan Pramuka Kabupaten OKI H. Muslim, SE, M. Si didampingi Ketua harian H. Qomaruzzaman, S. Pd, M. SI.

“Pramuka dapat diandalkan sebagai media pendidikan karakter karena Pramuka menanamkan nilai-nilai luhur bangsa untuk menyelamatkan generasi penerus kita dari kebobrokan. Gerakan Pramuka Kabupaten OKI siap untuk menjadi garda terdepan dalam membangun karakter generasi penerus kita“ ungkap Muslim.

Ditambahkan Ketua Harian Gerakan Pramuka Kabupaten OKI H. Qomaruzzaman yang juga kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKI untuk lebih mengoptimalkan pendidikan kepramukaan yang telah dimasukkan dalam kurikulum sekolah, setiap sekolah di OKI diwajibkan mendirikan gugus depan dan menyelenggarakan kegiatan kepramukaan.

Peringatan Hut Pramuka ke-52 tahun di Kabupaten OKI terbilang semarak. Seribuan anggota Pramuka, pembina dan andalan kwarcab. OKI hikmad mengikuti upacara ini.

Pada kesempatan ini juga diserahkan anugerah lencana dharmabakti pramuka dari Kwarnas gerakan Pramuka kepada andalan dan anggota Mabicab. OKI, yaitu Zulkarnain, S. Pd. M. Si, Nurlaitana, Abdul Tolib, H. Qomaruzzaman, Dadang Rusnandar, Ismail Firdaus serta Penghargaan Panca Warsa Gerakan Pramuka kepada Muktaqid, ST, Ahmadin Ilyas, Ridho Satria, Amran, S. Pd, Efran Kushenry, Dewi Sukma Pratiwi, S. Pd, dan Riki. (Humas OKI)
Tags: ,