Tahun ini Ogan Ilir Hanya Kirim 92 CJH



Jurnal, Indralaya - Kabupaten Ogan Ilir tahun 1434 H/2013, hanya siap memberangkatkan 92 calon jemaah haji (Calhaj). Hal itu karena adanya selain adanya pengurangan kuota, ada pula Calhaj yang mutasi ke daerah lain.

"Hanya ada 92 Calhaj yang akan diberangkatkan. Ini karena pengurangan kuota dan ada beberapa yang pindah ke daerah lain," kata Kasi Haji Kanmenag Ogan Ilir, Edy Prasetya pada Tribun usai acara terakhir manasik haji di aula Caram Seguguk, Kamis (29/8/2013).

Ia mengatakan, sebelumnya Calhaj dari Bumi Caram Seguguk berjumlah 125 orang. Lantaran adanya penundaan keberangkat akibat pengurangan kuota serta pindah ke daerah lain misalnya di Palembang, 22 Calhaj urung berangkat.

Dari 92 Calhaj yang akan diberangkatkan, menurut Edy, terdiri dari 50 Calhaj berjenis kelamin perempuan. Sedangkan 42 Calhaj berjenis Laki laki.

Selain itu, dari 92 Calhaj Umi Kalsum Bin Najib yang berasal dari Kecamatan Tanjung Raja merupakan Calhaj termuda dengan usia 24 tahun. Sementara, Yahya bin Putih Saimun berasal dari kecamatan Tanjung Batu merupakan Calhaj tertua dengan usia 81 tahun.

Edy juga memperingatkan kepada Calhaj dalam acara tersebut, mengenai barang bawaan yang hendak dibawa. Menurutnya, barang bawaan jangan melebihi dari 15 kilogram. Sementara, pada saat pulang, tidak melebihi 32 kilogram.

Selain itu, mengenai dari 92 Calhaj kabupaten Ogan Ilir ini, terdapat delapan kelompok yang berjumlah masing-masing minimal 10 orang. Hal itu dimaksudkan, untuk memudahkan pengawasan bagi Calhaj Ogan Ilir ketika tiba dan berada di tanah suci nantinya.

"Kami berharap, agar Calon Jamaah Haji asal Ogan Ilir bisa menjaga kesehatan supaya pada saatnya nanti bisa berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan," kata Sekda OI, Sobli ketika memberikan sambutan.

Tak hanya itu, Calhaj Ogan Ilir untuk dapat menjaga kekompakan sesama kelompok baik dari Ogan Ilir maupun dari daerah lain. Menurutnya, rangkaian manasik haji itu sebelumnya sudah digelar sebanyak sepuluh kali. (Tribun Sumsel)
Tags: ,