Korut Buka Jalur Kereta ke Rusia

Foto : AFP
Jurnal, Pyongyang - Korea Utara (Korut) dan Rusia membuka kembali jalur kereta yang menghubungkan kedua negara. Ini memungkinkan peningkatan hubungan antar kedua negara.

Rel sepanjang 54 kilometer (km) ini berawal di kota perbatasan Khasan, Rusia hingga ke Rajin, Korut. Pembukaan rel ini resmi dioperasikan dengan upacara khusus pada Minggu 22 September 2013 lalu.

Rajin selama ini dikenal sebagai pusat Zona Ekonomi Spesial Rason. Tempat tersebut diresmikan oleh Korut pada 1991 silam. Demikian diberitakan People Daily, Selasa (24/9/2013).

Berdekatan dengan Rusia dan China, wilayah Rajin menjadi daerah pelabuhan strategis bagi kedua sekutu terbesar Korut tersebut. Pada 2001, mantan Presiden Kim Jong-Il dan Presiden Rusia Vladimir Putin sepakat untuk membuka kembali rel itu, termasuk pengoperasian terminal kontainer di Rajin.

Pengerjaan jalur kereta itu dimulai sejak 2008 dan akhirnya resmi dibuka kembali tahun ini. Diharapkan beroperasinya rel Rajin, mampu meningkatkan hubungan perdagangan antara Rusia dan Korut.

Sejak mendapatkan status zona ekonomi spesial sekira dua dekade lalu, Rason dianggap gagal untuk memenuhi harapannya. Tetapi perkembangan aktivitas di Rason, terus mendapatkan momentum dalam waktu beberapa tahun terakhir.

Pada dasarnya jalur rel Rajin akan menjadi sistem transportasi dari batu bara Rusia. Batu bara tersebut akan didistribusikan Rusia ke wilayah Asia Pasifik. (okezone)
Tags: ,