OKI Siaga Gangguan Asap

Dinas Kehutanan Kabupaten OKI mensosialisasi pencegahan kebakaran hutan kepada masyarkat kerjasama manajemen HTI
Jurnal, Kayuagung - Untuk menyukseskan kegiatan Islamic Solidarity Games (ISG) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Palembang, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) bersama manajemen tiga perusahaan yang bergerak dibidang hutan tanaman industri (HTI) akan menjaga terjadinya gangguan asap, Minggu (22/9/2013).

Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Alibudin SH melalui Kabid perlindungan Hutan Junaidi mengatakan, pihaknya yang tergabung dalam tim terpadu penanggulangan bencana kebakaran hutan daerah Kabupaten OKI bersama manajemen perusahaan yang bergerak di hutan tanaman industri telah melakukan upaya nyata untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan di wilayah Bumi Bende Seguguk OKI.

“Tim terpadu pengendalian kebakaran hutan Kabupaten OKI yang di didukung penuh oleh HTI di bawah PT Sebangun Bumi Andalas (SBA) wood Industries, PT Bumi Mekar Hijau dan PT Bumi Andalas Permai, telah siap mengamankan Sumsel dari bebas asap, bukan hanya selama ISG saja,” kata Junaidi, saat sosialisasi pencegahan kebakaran hutan di kantor Camat Air Sugihan.

Sosialisasi menurut Junaidi, digelar di 5 Kecamatan yang dianggap lahan gambut yang mudah terbakar. “Wilayah yang menjadi sasaran sosialisasi seperti Kecamtan Pangkalan Lampam, Kecamatan Tulung Selapan, Kecamatan Air sugihan, Kecamatan Cengal dan Kecamatan Sungai Menang, kita meminta kepada seluruh kades untuk melarang masyarakatnya untuk membakar hutan untuk kepentingan apapun,” ujar Junaidi.

Masih menurut Junaidi, pembakaran hutan dengan alasan dalam rangka membuka lahan pertanian itu tidak dibenarkan, karena akan menimbulkan asap yang akan membahayakan kesehatan.

“Didalam undang-undang No 32 tahun 2009 pasal 108 sudah jelas bahwa apabila dengan sengaja melakukan pembukaan lahan dengan membakar disanksi pidana kurungan 10 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar, oleh sebab itu masyarakat jangan lagi membuka lahan dengan cara membakar,” beber Junaidi. (sripo)
Tags: ,