Jumlah TKI Asal Ogan Ilir Turun

Ilustrasi
Jurnal, Indralaya - Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Ogan Ilir, tercatat hingga Januari sampai dengan saat ini mengalami penurunan jika dibandingkan pada tahun 2012 lalu.

Di tahun 2012 berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ogan Ilir, TKI berjumlah 118 orang laki-laki dan perempuan yang hendak ditempatkan antar daerah hingga luar negeri.

"Dari angka 118 tersebut, hingga saat ini berjumlah 58 orang dengan tujuan Batam dan daerah lainnya," ungkap Kepala Bidang Latihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Ogan Ilir, Suharsono, Selasa (8/10/2013).

Turunnya kuantitas tenaga kerja asal Ogan Ilir tujuan antar daerah disebabkan sejumlah faktor diantaranya faktor psikis dari menonton televisi yang kerapkali menimpa para TKI dan lainnya.

"Di tahun ini terjadinya penurunan jumlah tenaga kerja yang akan berangkat ke luar negeri maupun dalam daerah di Indonesia. Kalau memang ada pekerjaan yang tentunya lebih baik dan layak untuk apa pergi keluar negeri," jelas Kepala Bidang Latihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Ogan Ilir.

Ia menyatakan, terjadinya penurunan kuantitas tenaga kerja ke luar daerah tersebut juga disebabkan upaya yang telah dilakukan dalam kurun waktu satu tahun terakhir seperti sosialisasi tenaga kerja ke desa-desa serta kecamatan diwilayah Kabupaten Ogan Ilir lainnya.Dalam sosialisasi ini, lanjutnya pihaknya senantiasa menekankan dan mengingatkan masyarakat yang hendak menjadi tenaga kerja luar daerah dan lainnya untuk berpikir ulang dan lebih baik mencoba bekerja di daerah sendiri ketimbang daerah atau luar negeri. (sripo)
Tags: ,