Panglima TNI kunjungi Pemkab Ogan Ilir

Panglima TNI, Jendral TNI Moeldoko

Jurnal, Indralaya - Selasa 29 Oktober 2013 pada pukul 13.30 WIB akhirnya 2 buah pesawat helikopter Fuma TNI dan TNI AL mendarat dengan membawa Jenderal TNI Moeldoko Panglima TNI dan Kepala Staff Angkatan Laut Laksamana Marsetio di halaman perkantoran terpadu pemkab Ogan Ilir Indralaya. Kunjungan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko dilakukan dalam rangka penanaman tanaman kedelai dan jagung Program TNI Manunggal Ketahanan Pangan di Kab Ogan Ilir, Penanaman Pohon Pelindung program Penanaman Sejuta Pohon, dan peresmian Pabrik Keramik terbesar PT ARWANA Tbk. Indralaya. Hadir juga Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo yang satu angkatan dengan Jenderal TNI Moeldoko.
 
Setelah melakukan pendaratan Jenderal TNI Moeldoko beserta rombongan menuju lokasi penanaman jagung dan kedelai di areal seluas 25 hektar, menyaksikan penandatangan pelaksanaan TNI manunggal Ketahanan Pangan antara Dandim 0402 dengan Pemkab Ogan Ilir. Selain dibantu anggota TNI dilapangan penanaman juga dilakukan oleh kelompok tani Ogan Ilir.

Setelah itu rombongan melanjutkan penanaman simbolis pohon pelindung Program Penanaman Sejuta Pohon di halaman Masjid Agung Kompleks Perkantoran Pemkab Ogan Ilir diikuti oleh rombongan. Penanaman pohon pelindung di lokasi perkantoran berupa Mahoni, Trembesi, kelapa sawit dan lain-lain.
 
Pada acara silaturrahmi Bupati Ogan Ilir Ir. H. Mawardi Yahya melaporkan bahwa Kabupaten Ogan Ilir terbentuk sejak 9 tahun yang lalu hasil pemekaran Kabupaten Ogan Komering Ilir telah memberikan peluang yang baik bagi para investor untuk menanamkan modalnya di Ogan Ilir.
 
Mawardi juga mengatakan pada masa pemerintahannya selama 8 tahun yang lalu telah dibangun jalan baru sepanjang 361 km dan 100 km merupakan hasil kerja sama TNI Ogan Ilir melalui Program TNI manunggal. Kerjasama dengan TNI merupakan kebanggan tersendiri hingga Bapak Jenderal TNI Moeldoko dapat hadir di lokasi perkantoran pemkab Ogan Ilir yang akan menjadi sejarah untuk memajukan Kabupaten Ogan Ilir menuju kesejahteraan rakyat.

Bupati Ogan Ilir H. Mawardi mengucapkan terima kasih atas telah dilakukannnya penanaman jagung-kedelai dan pohon penghijauan/pelindung di masjid raya, tentu sangat bermanfaat bagi masa depan Ogan Ilir. Mudah-mudahan kerjasama Pemkab Ogan Ilir dengan TNI, akan ditingkatkan lagi di masa-masa yang akan datang. Bupati Ogan Ilir juga melaporkan bahwa lokasi tempat acara dilakukan ini adalah lokasi perkantoran terpadu seluas 85 hektar yang saat ini sudah dibangun kantor Bupati, Kantor DPRD, Kabupatenan, mess tamu, masjid raya, dan rumah sakit Kab Ogan Ilir.
 
Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko penanaman jagung dan kedelai
“Bersama rakyat TNI kuat sebagaimana kebersamaan di masa perjuangan kemerdekaan. Untuk itu, TNI dan petani harus terus bekerjasama di lapangan bagi kepentingan rakyat seperti halnya kerjasama pengembangan pertanian jagung dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional”, demikian sepenggal sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko pada acara tanam jagung dan kedelai perdana di Desa Pulau Kabel Kab. Ogan Ilir Sumatra Selatan. 
 
Panglima TNI dalam pengarahannya pada acara silaturrahmi yang dihadiri tidak kurang 15.000 orang massa mengatakan bahwa sejatinya kemampuan dan kekuatan serta fasilitas yang dimiliki TNI di masa damai dapat didayagunakan melalui optimalisasi peran TNI demi kepentingan peningkatan kesejahteraan rakyat, yang implementasinya bisa diwujudkan dalam bentuk kerja sama dengan kementerian dan pemerintah daerah dalam rangka mendukung peningkatan ketahanan pangan guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya krisis pangan di daerah-daerah seluruh Indonesia.

“Ketersediaan pangan sebagai upaya dalam meningkatkan ketahanan bangsa perlu diutamakan, untuk mewujudkannya perlu kesadaran seluruh lapisan masyarakat dalam menciptakan ketahanan pangan. Apalagi sekarang ini dunia mengalami isu ketahanan energi, air, lingkungan termasuk pangan yang itu selalu ditingkatkan”, ujar Jenderal TNI Moeldoko.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, sebagai prajurit TNI yang berasal dari masyarakat harus menciptakan ketahanan berbangsa dan bernegara demi NKRI. Selain itu, TNI juga terus menciptakan kesadaran bersama sehingga Indonesia semakin kuat. Kesadaran membangun, termasuk dalam semangat perlu terus ditanamkan kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk generasi muda. 
 
Selanjutnya, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko beserta rombongan menuju PT.Arwana dalam rangka Pembukaan Plant IV PT. Arwana Citra MuliaTbk di Plant IV PT. Arwana Anugerah Keramik Ogan Ilir, Selasa 29 Oktober 2013. Ucapan terima kasih kepada PT. Arwana yang telah melaksanakan pengobatan gratis, sunatan massal, donor darah, pembagian sembako dan pembagian kursi roda dan renovasi jembatan gantung di daerah Muara Enim.
 
Kemudian acara dilanjutkan dengan pemukulan Gong dan penandatanganan prasasti peresmian Pabrik, penyerahan kunci rumah dalam program bedah rumah yang diserahkan secara simbolis oleh Panglima TNI kepada masyarakat setempat. (HUMAS OI)
Tags: ,