Turki Bangun Tembok di Perbatasan dengan Suriah

Perbatasan Turki-Suriah (Foto: Sky)
Jurnal, Ankara - Pemerintah Turki berencana mendirikan tembok setinggi dua meter di sepanjang perbatasan dengan Suriah. Pembangunan tembok bertujuan untuk menghambut gelombang pengungsi Suriah ke Turki.

Gelombang pengungsi melarikan diri dari Suriah sejak konflik antara rezim Bashar al Assad dengan kubu oposisi pecah pada 2011. PBB mencatat, jumlah pengungsi Suriah di luar negeri akan mencapai dua jutua jiwa pada 2014.

Keberadaan pengungsi memberi masalah tersendiri bagi negara penerima seperti Turki. Mereka kesulitan memenuhi kebutuhan pengungsi yang terus bertambah.

“Wilayah (perbatasan) sangat mudah dilentasi warga secara ilegal. Sama sekali tidak ada yang menghalangi mereka,” ujar pejabat Turki yang tidak disebut namanya, seperti dikutip Sky, Selasa (8/10/2013).

Selain Turki, warga Suriah juga mengungsi ke Yordania, Lebanon dan Irak. Warga Suriah bahkan mencari tempat aman hingga ke Negara Eropa.

Konflik Suriah tidak memperlihatkan tanda-tanda akan berakhir. Pertempuran berjalan sengit karena kedua kubu memiliki kekuatan yang hampir setara.

Rezim Bashar al Assad didukung Rusia dan Iran. Sementara kubu oposisi dibantu oleh Turki, Negara-Negara Arab dan Barat. (okezone)
Tags: ,