Jumlah Resmi Korban Tewas Topan Filipina Capai 1.774 Jiwa

Kerusakan akibat Topan Haiyan di Filipina (Foto: Reuters)

Jurnal, Manila - Pemerintah Filipina merilis jumlah resmi korban tewas akibat terjangan Topan Haiyan. Jumlah korban tewas dilaporkan mencapai 1.774 jiwa.

Jumlah terbaru itu dikeluarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Filipina hari ini. Selain merilis jumlah korban tewas, menurut badan pemerintah tersebut ada sekira 2.487 warga yang menderita luka-luka. Demikian diberitakan Associated Press, Selasa (12/11/2013).

Baik jumlah korban tewas maupun korban luka diperkirakan masih akan terus meningkat secara drastis. Pemerintah Filipina sebelumnya memperkirakan jumlah korban mencapai sekira 10 ribu atau lebih.

Sedangkan banyak warga yang kehilangan tempat tinggalnya akibat terjangan Topan Haiyan. Dilaporkan sekira 600 ribu warga harus keluar dari rumahnya karena hembusan angin dari Topan Haiyan telah menghancurkan tempat tinggal mereka.

Topan Haiyan mencapai wilayan Tacoblan, Leyte, pada Jumat 8 November 2013. Angin dengan kekuatan mencapai 315 kilometer per jam langsung menghancurkan benda apapun yang menghalanginya. Kehancuran yang diakibatkan oleh topan menyerupai terjangan tsunami.

Presiden Filipina Benigno Aquino menerapkan status darurat bencana di wilayah yang terkena imbas topan. Dengan penetapan status darurat bencana itu, memudahkan proses penyaluran bantuan kepada wilayah yang hancur akibat bencana.

Sementara dunia internasional terus bergerak untuk menyalurkan bantuan. Inggris dan Amerika Serikat (AS) sudah mengerahkan kapal perang mereka, untuk memberikan pertolongan kepada rakyat Filipina. (okezone)
Tags: ,