Pelayanan Perizinan OKI yang Terbaik di Indonesia

PLH Bupati OKI, H. Ruslan Bahri saat menerima penghargaan dari Wapres, H. Budiono, di Jakarta
 
Jurnal, Kayuagung - Badan Perizinan dan Penanaman Modal (BPPM) Kabupaten Ogan Komering Ilir ditetapkan sebagai penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu Penanaman Modal (PTSP PM) terbaik se Indonesia. Penganugerahan investment award ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Boediono di sekretariat Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (19/11/13).

Prestasi membanggakan BPPM Kabupaten OKI ini diraih setelah berhasil menyisihkan 20 nominator terbaik dari 229 Kabupaten penyelenggara PTSP-PM se Indonesia dan OKI terpilih sebagai terbaik pertama disusul Kabupaten Lamongan, Jatim di urutan kedua dan Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau diurutan ketiga.


Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Mahendra Siregar mengatakan Investmen Award yang telah dilaksanakan sejak tahun 2010 ini bertujuan untuk menjaga kesinambungan kinerja badan perizinan di daerah agar lebih mudah dan semakin sederhana.

Sementara itu Wapres, Boediono dihadapan Bupati/Wali Kota penerima penghrgaan berharap agar Pemda dapat menciptakan iklim investasi yang baik di daerah masing-masing, Tujuannya agar kapasitas daerah meningkat dan penghasilan masyarakat naik.


"Investasi tidak datang sendiri, tapi harus ada daya tarik. Seperti SDA (sumber daya alam) investasi datang sendiri tapi bagaimana di daerah yang tidak memiliki SDA, Daya tarik itu harus dibentuk oleh manusia. Contoh Singapura SDA nya kurang namun mereka ciptakan daya tarik itu" demikian di daerah ujar Boediono.


Plh. Bupati OKI, Ir. H. Ruslan Bahri, MT usai menerima piala PTSP dari Wapres mengatakan sejak dibentuk oleh H. ishak Mekki pada tahun 2008 pelayanan publik di BPPM OKI terus ditingkatkan agar semakin mudah dan cepat pelayanannya.
"Mengundang investasi, tujuannya adalah agar pertumbuhan ekonomi bisa berkelanjutan dengan investasi pembangunan bisa terus berjalan sehingga masyarakat juga bisa makin sejahtera ke depan" ungkap Ruslan.


Kepala BPPM OKI, Drs. Alamsah melalui Kabid Non Perizinan, Hilwen, SE, MM membeberkan kunci keberhasilan pihaknya dalam meraih penghargaan PTSP SP terbaik tahun 2013, yaitu dengan mengoptimalkan pelayanan perizinan maupun non perizinan kepada masyarakat. Seperti program aksi Simpatik, yaitu pelayanan perizinan dengan mendatangkan petugas-petugas ke Kecamatan-kecamatan untuk melayani izin gangguan, SIUP, SITU, TDP, HO, IMB dan lainnya, "satu bulan sekali kita pindah kantor ke Kecamatan-kecamatan untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, bahkan kepala Badanpun berkantor di kecamatan" pungkas Hilwen.


Berdasarkan penilaian dari tim penilai yang melibatkan berbagai kementrian perizinan di BPPM OKI adalah yang paling cepat prosesnya dibanding nominator Kabupaten/kota lainnya. Pelayanan TDP, HO, dan IMB dapat selesai dalam tempo tiga hari, pelayanan SITU, SIUP dan lainnya dapat selesai dibawah 7 hari dan kedepan diharapkan Plh. Bupati, Ruslan Bahri perizinan di OKI diupayakan dapat dilayani secara online agar semakin memudahkan masyarakat.

Wakil Gubernur Sumsel, H. Ishak Mekki yang juga diundang pada acara tersebut mengucap selamat kepada Pemkab OKI yang juga hasil menjadi yang terbaik dalam pelayanan perizinan di Indonesia. Wagub berharap Pemkab. OKI dapat terus mempertahankan prestasi membanggakan ini dan yang terpenting menurut mantan Bupati OKI dua periode ini yaitu terus menoptimalkan pelayanan publik untuk meningkatkan investasi dan kesejahteraan masyarakat OKI. (Humas OKI)
Tags: ,