Sengketa Tanah Warga Desa Sungai Sodong Selesai

Tokoh pemuda Desa Sungai Sodong menunjukan bukti gantirugi yang dibayar tunai oleh perusahaan.

Jurnal, Kayuagung - Masyarakat Desa Sungai Sodong akhir bisa bernapas lega setelah PT. Sumber Wangi Alam (SWA) mengabulkan permintaan warga untuk membayar konvensasi lahan seluas 28,09 hektar kepada 9 orang ahli waris dari kelompok Syafei almarhum yang termasuk lahan 298 hektar sengketa.

Dengan demikian sebagian permasalahan sengkata lahan antara warga dengan PT. SWA sudah selesai. Ada rasa plong dan tenang kedua belah pihak demikian pemerintah yang selama terus memberikan fasilitas untuk mencarikan jalan terbaik hingga kasus yang selama ini panas kini sudah dingin dan damai.

Selama ini yang menjadi pokok permasalahan terletak di dalam lahan 298 Ha yang merupakan salah satu objek yang disengketakan antara warga denagn PT. SWA, yang masuk dalam kelompok Syafei sebanyak 80 ha, saat ini PT. SWA sudah melunasi 28,09 ha senilai Rp 1,120 miliar. Sementara sisanya akan menyusul kemudian. Hal ini sebagai langkah awal perdamaian antara masyarakat Sungai Sodong dengan PT. SWA.

Kesepakatan antara warga dengan PT. SWA ini tidak terlepas dari kinerja tim terpadu penyelesaian sengekata lahan dan tapal batas Kabupaten OKI.

Kesepakatan tertuang dalam akte notaris Emi Natali Pangku SH, bahwa ahli waris kelompok Syafei mendapat ganti rugi Rp 40 juta per hektar. Tetapi baru 9 orang ahli waris yang sepakat dengan ganti rugi Rp 40 juta per hektar dengan luas lahan 28,09 Ha yang digantirugi. (sripo)
Tags: ,