2013, 80 Orang meninggal di Jalanan Kabupaten OKI

Kasat Lantas Polres OKI AKP Tamimi

Jurnal, Kayuagung - Sebanyak 80 orang tewas disebabkan kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Jumlah tersebut tercatat di Satlantas Polres OKI sejak Januari hingga Desember 2013 lalu.

Kapolres OKI AKBP Erwin Rachmat SIk melalui Kasat Lantas AKP Tamimi SH menyebutkan, sebanyak 80 orang korban jiwa akibat kecelakaan itu jauh menurun bila dibandingkan pada tahun 2012 lalu dengan jumlah sebanyak 97 korban jiwa yang dinyatakan meninggal dunia.

“Sepanajang tahun 2013 ini kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten OKI mencapai 174 kasus. Meninggal dunia tercatat 80 orang, 110 jiwa mengalami luka berat (luber) dan 113 jiwa mengalami luka ringan, dengan kerugian material berkisar Rp 1.638.300.000,” kata AKP Tamimi, Selasa (31/12/2013).

Untuk jumlah kasus kecelakaan lalulintas di Kabupaten OKI sejak tahun 2012 terus mengalami penurunan. Di tahun 2012 jumlah lakalantas sebanyak 207 kasus, korban meninggal dunia sebanyak 97 orang, luka berat sebanyak 138 orang dan luka ringan sebanyak 168 jiwa, kerugian material berkisar Rp 1.302.250.000.

“Kita berharap kesadaran masyarakat dalam berlalulintas terus mengalami peningkatan,” harap Tamimi seraya berucap tak lepas dari saling mematahui rambu lalulintas dan saling menjaga emosi dalam mengendara.

“Bisa mengurangi emosi dalam berlalulintas bisa menekan kurang kecelakaan di jalan. Karena, emosilah yang kian membuat para pengendara akan terlena sehingga menimbulkan kecelakaan bagi diri sendiri. Apabila emosi tak bisa dikendalikan dalam mengendara,” ujar Tamimi.

Untuk menurunkan angka kecelakaan di wilayah OKI, sudah berbagai upaya dilakukan dengan melakukan operasi, penyuluhan dengan kelompok-kelompok masyarakat dan penambahan rambu-rambu lalulintas bersama dengan dinas perhubungan. Serta pemasangan spanduk peringatan bagi pengendara.

“Memang jumlah yang meninggal dunia masih tinggi, kita berharap tahun depan ada penurunan lagi,” tutur AKP Tamimi didampingi Ipda Amelia. (sripo)
Tags: ,