Gedung Utama Kementerian PU Juara Hemat Energi

Kementerian PU


Jurnal, Jakarta - Gedung Kementerian Pekerjaan Umum (PU) meraih peringkat pertama pada ajang Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) 2013 untuk kategori gedung milik pemerintah, sebagai bangunan gedung hemat energi.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo kepada Staf Ahli Menteri PU Bidang Keterpaduan Pembangunan Taufik Widjoyono.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian ESDM, untuk memacu tumbuhnya model-model industri dan bangunan gedung yang hemat energi. Siswono mengatakan, gedung menjadi bagian penting untuk menyukseskan gerakan hemat energi nasional. Sebab dengan bentuk gedung yang tepat penggunaan energi akan dapat ditekan seminim mungkin.

“Gedung dengan struktur bangunan berupa tembok rapat, tentu membutuhkan energi yang jauh lebih banyak dan itu tentu tidak mendukung hemat energi nasional,” lanjut Susilo.

Energy Award bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemangku kepentingan /stakeholder dalam mensukseskan program-program pemerintah di bidang efisiensi dan konservasi energi dalam rangka peningkatan daya saing dan kualitas di sektor industri dan bangunan gedung.

PEEN 2013 bertujuan untuk meningkatkan partisipasi para pemangku kepentingan /stakeholder dalam mensukseskan program-progam pemerintah di bidang efisiensi dan konservasi energi dan meningkatkan kesadaran akan perlunya penerapan efisiensi dan konservasi energi dalam rangka peningkatan daya saing dan kualitas di sektor industri dan bangunan gedung.

Selain itu, ajang PEEN 2013 diharapkan dapat menghasilkan model-model industri dan bangunan gedung yang hemat energi di Indonesia yang dapat dijadikan contoh dan dapat direplikasi.

Penyelenggaraan Kegiatan Penghargaan Efisiensi Energi Nasional Tahun 2013 (PEEN 2013) juga merupakan ajang seleksi tingkat nasional dalam rangka mengikuti ajang ASEAN Energy Award Tahun 2014. ASEAN Energy Award merupakan kegiatan tahunan regional ASEAN yang diselenggarakan oleh ASEAN Center for Energy (ACE) dalam rangka mempromosikan pemanfaatan energi baru terbarukan serta penerapan efisiensi dan konservasi energi di regional ASEAN. (okezone)
Tags: ,