Malaysia Direndam Air, 19 Ribu Warga Dievakuasi



Jurnal, Lumpur - Hujan deras yang menerjang sejumlah wilayah di Malaysia mulai berimbas buruk. Sekitar ribuan jiwa harus dievakuasi dan satu orang remaja dilaporkan tewas.

Setidaknya 19 ribu jiwa dievakuasi ke tempat lebih aman di tenda pengungsian yang didirikan di sejumlah sekolah. Daerah-daerah yang terkena banjir bandang tersebut diketahui berada di Negara Bagian Pahang, Terengganu, dan bagian selatan Johor.

Sementara untuk korban tewas, dari laporan kepolisian berasal dari wilayah Terengganu. Korban berusia 17 tahun ini mereggang nyawa karena tenggelam ketika banjir menyapu tempatnya memancing dengan sang ayah.

Departement Meteorologi menyatakan, hujan deras yang terjadi beberapa hari belakangan di Negeri Jiran telah menyebabkan sejumlah bendungan tidak bisa menampung air tersebut sehingga langsung berakibat banjir. Tetapi Departemen Meteorologi mengharapkan hujan akan mereda di beberapa daerah yang terkena banjir.

“Hujan masih terus berlangsung. Tapi kami harapkan akan segera berhenti besok hari,” ucap salah seorang pejabat badan meteorologi Malaysia, seperi dikutip dari Channel News Asia, Rabu (4/12/2013).

Banjir Malaysia disebakan oleh hujan tahunan yang datang setiap November. Tidak hanya Malaysia sejumlah negara Asia Tenggara juga menerima hujan tahunan ini. (okezone)
Tags: ,