Mulai 2014, Calon Kades di Ogan Ilir Harus Tes Bebas Narkoba

Bupati OI, H. Mawardi Yahya

Jurnal, Indralaya -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) melalui Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten OI, mulai tahun 2014 mendatang memprogramkan tes bebas narkoba bagi calon Kepala Desa (Kades).

"Selain memenuhi persyaratan dan kriteria lainnya sebagai calon kepala desa, harus dilakukan juga tes bersih narkoba. Apabila didapati hasil tesnya positif pengguna narkoba maka, secara otomatis akan dinyatakan gugur," kata Kepala BNN Kabupaten OI, Dirowadi, SPd, MSi, Kamis (12/12/2013) ketika ditemui di ruang kerjanya.

Menurutnya, sebagai seorang pimpinan tentu saja akan menjadi contoh, teladan atau menjadi figur pemimpin bagi anak buahnya, bawahannya serta warganya. Begitu juga sebagai seorang calon kepala desa harus menjadi contoh teladan bagi rakyat atau warganya.

Saat disinggung masalah tes bersih narkoba terhadap kades yang menjabat sekarang, menurut Dirowadi, pihaknya siap saja melakukannya. "Kapanpun, kami sifatnya menunggu kebijakan dan instruksi dari Bupati. Kapan pun kami siap menjalankan tugas," ujarnya.

"Kalau ada instruksi dan kebijakan dari bapak bupati, kenapa tidak. Kapanpun kami siap melakukan tes terhadap kades yang ada sekarang", ujar Dirowadi.

Menurut Dirowadi, seharusnya sudah terjadwal paling tidak setahun sekali kita akan melakukan tes bersih narkoba terhadap pejabat struktural termasuk kades, tapi tidak menutup kemungkinan kalau terjadi dadakan yang sasarannya pekerja.

Kaban Narkotika Kabupaten OI mengaku, pihaknya telah membentuk tim yang bekerjasama dengan dokter. Namun sempat diakui juga oleh Dirowadi alat pemeriksaan tes bersih narkoba tersebut cukup mahal dan sekali pakai untuk setiap orang. Namun untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan dan untuk mendapatkan figur figur pemimpin dan pekerja yang bersih, pemerintah akan menyiapkan anggaran tersebut. (sripo)
Tags: ,