Israel Lancarkan Serangan ke Gaza

Jet Tempur Israel

Jurnal, Gaza - Pesawat tempur milik Israel dilaporkan melakukan penyerangan ke wilayah perbatasan Gaza, Jumat 31 Januari 2014 pagi waktu setempat. Israel berdalih serangan dilakukan sebagai bentuk balasan yang dilakukan oleh pihak di Gaza.

Sumber dari pihak keamanan Palestina mengatakan dua serangan diarahkan ke lokasi pelatihan bagi Brigade Ezzedine al-Qassam, yang selama ini dikenal sebagai sayap militer kelompok Hamas. Serangan terjadi di Beit Lahiya, sebelah utara Gaza.

"Dalam dua serangan lainnya di Kota Rafah, dua orang warga Palestina dilaporkan terluka," ujar sumber pihak Palestina tersebut, seperti dikutip AFP, Jumat (31/1/2014).

Menurut pihak Israel, serangan dilancarkan sebagai balasan dari serangan roket yang dilakukan oleh pihak dari Palestina. Serangan roket Palestina itu menghantam wilayah kosong di selatan Israel dan tidak menyebabkan kerusakan ataupun korban jiwa.

"Serangan udara diarahkan ke wilayah aktivitas teror dan fasilitas pembuatan senjata di utara Perbatasan Gaza. Serangan juga ditujukan ke tempat penyimpanan senjata," jelas pihak militer Israel.

Ketegangan antara pihak Israel dan Palestina di wilayah Gaza beberapa waktu terakhir mulai tegang, setelah beberapa tahun tenang. Enam warga Palestina dan seorang warga Israel tewas sejak 20 Desember 2013 lalu.

Pada 22 Januari 2014, militer Israel melakukan serangan yang menewaskan dua orang warga Palestina. Salah satu dari korban diidentifikasi oleh pihak Israel sebagai anggota Liberation of Palestine. (okezone)
Tags: ,