AS-RI Tandatangani MoU Pengentasan Penyelundupan Hewan

Menlu John Kerry dan Menlu Marty Natalegawa (Foto: Arif Julianto/Okezone)

Jurnal, Jakarta - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry turut memimpin Sidang Komisi Bersama keempat RI-AS, bersama dengan Menlu Marty Natalegawa. Sidang ini menghasilkan penandatanganan dua nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).

Kerry menekankan pentingnya Kerjasama Komprehensif antara kedua negara. Saat ini hubungan bilateral antara RI-Indonesia, diyakini dapat terus meningkatkan kerja sama komprehensif.

"Faktanya, atas hasil dari pertemuan ini, hubungan bilateral kedua negara makin berkembang dalam kerja sama yang lebih luas. Dua memorandum of understanding baru saja ditandatangani sebagai bukti kuatnya hubungan bilateral," ujar Kerry dalam konferensi pers di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (17/2/2014).

"Salah satu MoU adalah kerja sama untuk mengatasi penyelundupan hewan liar. Ini adalah ancaman bagi ekosistem dan pencegahan harus segera dilakukan untuk melindungi biodiversitas di Indonesia yang merupakan salah satu terkaya di dunia," lanjutnya.

Sementara Mou lainnya adalah meningkatkan kerja sama untuk mendukung HAM, demokrasi, dan perdamaian serta kestabilan di negara dunia ketiga. Banyak negara yang bisa mendapatkan keuntungan atas kerja sama Indonesia dan AS ini. (okezone)
Tags: ,