Edward Snowden (Foto:AFP)

Jurnal, London - Pembocor data intelijen AS Edward Snowden terpilih menjadi Rektor di Universitas Glasgow, Skotlandia. Universitas tersebut merupakan salah satu yang tertua di negeri Inggris Raya.

Pernyataan resmi pihak universitas menyatakan ahli analisis komputer tersebut terpilih setelah mengalahkan tiga kandidat lainnya. Pemilihan rektor tersebut dilakukan secara online.

Namun, posisi rektor yang berhasil diraih Snowden tidak seperti posisi rektor pada umumnya. Dia akan menjabat sebagai perwakilan mahasiswa terhadap pihak resmi universitas.

Terpilihnya Snowden disambut gembira oleh sejumlah mahasiswa pendukungnya. Mereka menyebut posisi yang dicapai Snowden merupakan satu hal yang membanggakan dan suatu tradisi luhur.

"Hari ini kita telah membuktikan sekali lagi pada dunia. Bahwa kita tidak apatis terhadap isu penting seperti hak demokratis," ujar Juru Bicara Snowden untuk kampanye Rektor, Chris Cassells, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (19/2/2014).

Dalam pernyataannya Snowden menyebut dirinya merasa sangat sederhana dan terhomat dinobatkan menjadi Rektor Universitas Glasgow. Edward Snowden nama ini dikenal sebagai pembocor data rahasia AS, saat ini dirinya tinggal di Rusia setelah permohonan suakanya dikabulkan. (okezone)
Tags: ,