Sri Sultan Iskandar Ziarah ke Makam Said Umar Baginda Sari

Sultan Iskandar berkunjung ke Makam Said Umar Baginda Sari di Desa Tanjung Atap Kecamatan Tanjung Batu Ogan Ilir


Jurnal, Indralaya - Kesultanan Palembang Darussalam Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin beserta rombongan, berkunjung ke makam Said Umar Baginda Sari, orang yang pertama kali penyebarkan ajaran agama Islam di Desa Tanjung Atap Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir (OI), Rabu (5/2/2014) kemarin,

Rombongan Sultan juga menghadiri acara lomba perahu bidar di Teluk Serdang Desa Tanjung Atap Barat, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) OI Ke-10 serta HUT Desa Tanjung Atap Barat yang Ke-7.

Kesultanan Palembang Darussalam beserta rombongan, menaiki sebuah perahu sebagai alat transportasi untuk menyeberang ke Makam Said Umar Baginda Sari. Konon, dipercaya masyarakat sekitar Said Umar Baginda Sari merupakan orang pertama yang menyebarkan ajaran agama Islam di Desa Tanjung Atap hingga ke Daerah Komering. Dia merupakan salah satu keturunan dari Raja Fatahillah.
 
Pada kesempatan itu, Sri Sultan mengharapkan agar masyarakat sekitar terus menjaga sekaligus merawat Makam Said Umar Baginda Sari beserta makam-makam bersejarah lainnya seperti makam yang berdekatan dengan makam Said Umar Baginda Sari.

"Kita menghimbau kepada masyarakat, untuk terus menjaga makam bersejarah ini,” kata Sultan Iskandar.

Berdasarkan data dari penduduk sekitar, Said Umar Baginda Sari semasa hidup mengasingkan diri dengan cara membuat pondok di seberang Tanjungan yang bermuara ke Sungai Ogan. Hingga masa akhir hidupnya lokasi Tanjungan yang terdapat pondok beratap tersebut, sampai dengan saat ini pun dinamakan Desa Tanjung Atap Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten OI. (liputan mang suib)
Tags: ,