TNI AU Atraksi Aerobatik di Langit Palembang



Jurnal, Palembang - Setelah sebelumnya "membelah langit" Singapura dalam kegiatan Singapore Show pada awal Februari lalu, kini wilayah udara Palembang yang diobrak-abrik Tim Jupiter TNI AU, Senin (17/2/2014).

Enam pesawat jenis KT1B, melakukan atraksi terbang di udara wilayah Palembang dengan berbagai formasi aerobatik yang dipertunjukan Tim Jupiter saat terbang di udara.

Enam pesawat yang berkecepatan 240 knot perjam dengan jarak antar pesawat hanya dua meter saat terbang di udara, membuat jantung seakan berdetak kencang setiap kalai melakukan aerobatik.

Berbagai formasi manuver yang ditampilkan enam pilot yang dikomandoi Mayor Pnb Feri Yurnaldi. Seperti manuver formasi Jupiter Roll, Arrow Head Loop-Break Off, Half Cuba-Jupiter Wheel, Mirror, Screw Roll, Heart, Rool Slide, Five Cards Loop, Jupiter Roll Back dan Dive Bomb-Burts.

Setiap kali melakukan aerobatik dalam berbagai formasi, pesawat Jupiter yang terhitung sejak tahun 2000 dipakai sebagai pesawat latih dasar bagi penerbang TNI AU, menunjuklan performa terbaiknya. "Intinya kita harus satu hati satu sama lainnya dan jangan ada masalah sekalipun itupun masalah keluarga. Tujuannnya agar formasi aerobatik yang dilakukan bisa dilakukan dengan baik. Semua formasi yang dipertunjukan semuanya ekstrim," ujar Mayor Pnb Feri Yunaldi, sebagai Leader Tim Jupiter saat dibincang. (sripo)
Tags: ,