Atletico Paksa Italia Tanpa Wakil di 8 Besar

Selebrasi Diego Costa usai mencetak gol ke gawang AC Milan (foto: Reuters)
 
Jurnal, Madrid - Atletico Madrid menunjukkan superioritasnya ketika menjamu AC Milan pada leg kedua perdelapan final Liga Champions, Rabu dini hari WIB. Dengan kemenangan 4-1 (agregat 5-1), anak-anak asuhan Diego Simeone paksa Italia tanpa wakil di delapan besar Liga Champions musim ini.

Pada laga ini Milan kembali bisa mengandalkan Mario Balotelli sebagai penggedor pertahanan Atletico. Sedangkan tim tuan rumah, memasang Diego Costa sebagai penyerang tunggal dengan dukungan dari Koke, Arda Turan, dan Raul Garcia.

Baru tiga menit berjalan, Atletico langsung mengungguli tamunya ketika Diego Costa mencetak gol, usai memanfaatkan umpan dari Koke. Pada saat menerima umpan tersebut, tampak dengan kakinya, Diego Costa melepaskan sepakan yang tak bisa dijangkau oleh Christian Abbiati. Ini merupakan gol keenam Costa pada musim ini untuk Los Rojiblancos di kancah Liga Champions.

Tersentak dengan gol cepat dari Costa, Milan kemudian meningkatkan serangan. Meski peluang berbuah nihil, lantaran para petarung lini belakang Atletico, masih terlalu tangguh untuk ditembus Mario Balotelli Cs.

Memasuki 25 menit berjalan, permainan menjadi milik Milan, yang ingin mengejar ketertinggalan. Terbukti gawang Atletico yang dikawal Courtois, berhasil dijebol oleh Ricardo Kaka. Tampil sebagai kapten Milan, Kaka mampu menyundul bola usai memanfaatkan umpan dari Andrea Poli. Skor berubah menjadi 1-1 (agregat 2-1 untuk Atletico).

Keasyikan menyerang, gawang Milan kembali kebobolan. Kali ini pelakunya adalah Arda Turan, yang mencetak gol ketiganya musim ini, setelah bola sepakannya terbentur Rami. Bola liar dan akhirnya memaksa Abbiati memungut bola untuk kali kedua di babak pertama ini.

Atletico kembali mengancam di penghujung pertandingan. Aksi salto dilakukan oleh Raul Garcia demi menyambut bola operan rekannya. Sayang upayanya tersebut gagal menemui sasaran, setelah bola hanya mampir di samping gawang Abbiati. Skor 2-1 (agregat 3-1) untuk keunggulan tuan rumah, bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Milan coba mencari ketertinggalan dengan mengepung lini pertahanan Atletico. Namun hingga 10 menit babak kedua berjalan skor 2-1 untuk keunggulan Atletico tak banyak berubah.

Pasukan Diego Simeone ini semakin tak terbendung, ketika pada menit ke-71, Raul Garcia mengeksekusi umpan matang Gabi dengan matang. Atletico memaksa Rossoneri tertinggal 1-3, atau 1-4 secara agregat.

Tak puas dengan tiga gol, Atletico akhirnya menambah gol lagi pada menit ke-85, yang lagi-lagi dicetak oleh jugador-nya, Diego Costa. Memanfaatkan umpan dari Sosa, penyerang naturalisasi itu berhasil lolos dari kawalan bek Milan dan kemudian menempatkan bola ke sudut jauh gawang Milan, yang tak mampu dihalau oleh Abbiati. Atletico 4, Milan 1. (ageregat 5-1)

Gol dari Diego Costa itu ternyata menjadi yang terakhir pada laga yang berlangsung Vicente Calderon. Dan, bagi Milan, hasil ini memaksa mereka tersingkir dengan agregat 1-5 dari Atletico Madrid, sekaligus memaksa Italia tanpa wakil di babak delapan besar Liga Champions musim ini. (okezone)
Tags: