Kendaraan Air Tetap Dikenakan Pajak

Ilustrasi

Jurnal, Indralaya - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumsel Kabupaten Ogan Ilir (OI), di tahun 2014 ini tetap mengenakan pajak terhadap kendaraan yang berjalan di atas permukaan air atau sejenis kendaraan motor yang berjalan diatas permukaan sungai Ogan. Dalam artian kendaraan tersebut, memiliki mesin seperti speed boat, ketek dan lain-lain yang bermesin kecuali perahu.

Hal ini diungkapkan Kepala UPTD Dispenda Sumsel Kabupaten OI, Erdian Syahri, usai penyelenggaraan syukuran gedung perkantoran terbaru UPTD Dispenda OI yang terletak di Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum) Km 33 Indralaya Kabupaten OI, Senin (3/3/2014). Secara keseluruhan UPTD Dispenda OI yang melayani pembayaran pajak Samsat maupun non Samsat, pada tahun 2014 ini menargetkan total nilai lebih dari Rp 31.7 milyar pajak termasuk kendaraan bermotor maupun kendaraan bermesin motor yang berjalan diatas permukaan air.

Khususnya, bagi kendaraan air, Dispenda Sumsel OI cukup merasa kesulitan untuk memberikan sosialisasi ataupun arahan kepada para pemilik motor air..Untuk itu, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengadakan simulasi transparansi sistem pembayaran pajak kepada masyarakat bumi “Caram Seguguk” baik kendaraan bermotor maupun bagi kendaraan yang berjalan di atas permukaan air.

“Rendahnya tingkat kesadaran masyarakat OI, untuk taat membayar pajak karena, mereka selalu dihantui rasa ingin menunda untuk membayar pajak,” kata , Erdian Syahri. (sripo)
Tags: ,