Pawai Taaruf dan Pameran Meriahkan MTQ ke-26 Tk. OKI

Bupati OKI Iskandar SE didampingi Ketua TP PKK OKI Lindasari Iskandar dan Kepala Disperindagkop OKI Herry Susanto SSos melihat pameran dan kerajinan tangan dari masyarakat OKI

Jurnal, Kayuagung - Upaya untuk memeriahkan pembukaan Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-26 tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Pemerintahan Daerah setempat menyelenggarakan pameran hasil pertanian dan kerajian tangan serta pawai taaruf yang dipusatkan di halaman Masjid At Tohirin di Kecamatan Jejawi, Senin (3/3/2014).

Wakil Panitia MTQ Muktaqid Zen ST mengatakan, MTQ akan disukseskan oleh seluruh masyarakat di 18 kecamatan yang ada di Bumi Bende Seguguk. Mengenai persiapan, panitia sudah mempersiapkan sedemikian rupa. Sehingga malam ini, resmi MTQ dibuka di Masjid At Tohirin.

Pelaksanaan taaruf, pameran pembangunan untuk memeriahkan pembukaan MTQ sudah siap dan semua terlaksana dengan semarak. Pelaksanaan semuanya melibatkan banyak orang sehingga terselenggaranya kegiatan musyabaqah.

“Bagi peserta MTQ sudah disediakan tempat penginapan yang cukup representatif,” ujar Muktaqid.

Kepala Disperindagkop OKI, Herry Susanto SSos mengatakan, pameran ini merupakan salah satu tujuan untuk memeriahkan pembukaan MTQ tingkat Kabupaten OKI. Dimana sebelum para kafilah mengikuti perlombaan beserta tamu undangan dapat melihat-lihat hasil kerajinan tangan dari masyarakat OKI.

“Disini ada kerajinan tenun songket dari Desa Pematang Kijang dan Desa Pematang Buluran, kerajinan purun yang dibuat seperti, tas, tikar dompet, tempat tisu, tempat buku, tikar sajadah, dari Desa Ulak Kemang Kecamatan Pampangan dan Kecamatan Pedamaran,” kata Herry.

Terlibat juga disini, Kepala Dinas Pertanian Syarifuddin SP Msi yang telah memppersiapkan pameran pasar tani sendiri, disini disediakan hasil tani jenis buah-buahan yang berupa, kacang, ubi, rambutan, cabe, Manggis dan hasil tani lainya,” tutur Syarifuddin singkat.

Tidak ketinggalan, Kepala Badan Pengelolaan Pasar dan Kebersihan (BPPK) Tohir Yanto SSos menyebutkan, untuk mensukseskan MTQ tingkat kabupaten ini, pihaknya menurunkan 27 petugas kebersihan yang telah bekerja sebelum dilaksanakan MTQ hingga selesai pelaksanaan kegiatan.

“Petugas kebersihan siap membersihkan lingkungan MTQ setiap saat. Sehingga tidak ada terlihat tumpukan sampah di lokasi MTQ,” kata Tohir. (sripo)
Tags: ,