Warga Pantai Timur Sambut Gembira Kabar Pemekaran Daerahnya

Lokasi daerah Pantai Timur Sumatera Kabupaten OKI Sumatera Selatan

Jurnal, Kayuagung - Pemekaran wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sudah lama dinanti-nati oleh masyarakat Pantai Timur. Dengan adanya informasi dari Kepala Biro Pemerintahan Permrov Sumsel, H Edward Chandra membawa angin segar bagi masyarakat di wilayah pesisir pantai tersebut.

Anggota DPRD OKI H Abdiyanto H Fikri SH, Selasa (11/3/2014) menyambut baik dan gembira apabila memang pemekaran Pantai Timur itu tinggal selangkah lagi. Tetapi, meskipun tinggal selangkah, apabila tidak didukung oleh Pemerintah Daerah (Pemda) ataupun bupati untuk kelancarannya dirinya yakin, proses yang tinggal diujung tanduk ini akan tertunda dan menjadi penyesalan.

Masih kata pemuda Pantai Timur Abdiyanto, sebenarnya bukan lagi kepentingan politik, itu sudah merupakan kebutuhan, yang sudah selayaknya dimekarkan, karena rentang kendali terlalu jauh pelayananan tidak akan maksimal untuk wilayah pantai timur, kemudian pembangunan Pantai Timur selama ini masyarakat pesisir pantai selalu teringgal dengan kondisi luas wilayah 19 ribu km dengan luas rawa-rawa 75 persen dan daratan hanya 25 persen begitu juga dana untuk pembangunan wilayah OKI pada tahun 2014 ini hanya Rp 1,5 triliun.

“Salah satu untuk mengatasi itu, solusinya pemekaran. Kalau masalah potensi sumber daya alam tidak ketinggalan,” ujar Abdiyanto.

Sedangkan pemuda Kecamatan Cengal, Ringgo mengatakan, kalau memang Pantai Timur dalam waktu dekat ini dimekarkan ini suatu kebanggaan bagi masyarakat pesisir pantai. Karena, selama ini Pantai Timur selalu ketertinggalan dalam pembangunan apalagi di wilayah perairan.

“Saya senang mendengar kabar bahwa pemekaran tinggal selangkah lagi. Berarti Pantai Timur akan menjadi Kabuapten Baru dan saya yakin, banyak potensi yang harus digali,” ujarnya.

Ringgo menegaskan bahwa dirinya tidak sabar lagi untuk menikmati pemekaran wilayah Pantai Timur tersebut. (sripo)
Tags: ,