Alex Noerdin Buka Pertemuan Apeksi Komwil II Sumbagsel

Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin

Jurnal, Palembang - Gubernur Sumsel, Alex Noerdin membuka pertemuan catur wulan I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah (Komwil) II di rumah dinas Walikota Palembang, Senin (28/4/2014).

Dalam sambutanya, Alex memintah seluruh Walikota dan Wakil Walikota mendorong percepatan pembangunan agar Sumbagsel menjadi yang terbaik. Apalagi menjelang perdagangan bebas ASEAN.

"1.300 tahun silam ketika masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya, kita sudah melakukan perdagangan bebeas ke beberapa daerah dulu. Jadi jangan khawatir. Tinggal bagaimana menyiapkan diri agar tidak tertinggal," terangnya.

Sumsel kata Alex sudah melakukan banyak hal jauh sebelum ASEAN Economic Community 2015. Bahkan dalam beberapa tahun ke depan, Sumsel khususnya Palembang menambah banyak proyek pembangunan untuk memajukan masyarakatnya.

"Palembang akan punya Monorel pertama di Indonesia tahun 2017, menyelesaikan Jembatan Musi IV dengan APBN dan Musi VI dengan APBD di tahun 2017," ujarnya.

"Lalu Jalan Tol Palembang-Indralaya pun akan selesai tahun 2018 dan jalur khusus kereta batubara sejauh 276 kilometer dibangun dari Tanjum Enim ke Tanjung Api Api yang bakal menjadi Kawasan Ekonomi Khusus," tambahnya.

Sedikitnya tujuh Walikota dan Wakil Walikota se-Sumbagsel hadir dalam pembukaan Rapat Catur Wulan I Apeksi Korwil II Sumbagsel, yakni Walikota Bengkulu Helmi Hasan, Walikota Metro Lukman Hakim dan Walikota Lubuk Linggau SN Prana Putra Sohe.

Kemudian Walikota Pangkalpinang Irwansyah, Wakil Walikota Bandar Lampung Thobroni Harun, Wakil Walikota Sungai Penuh Ardinal Salim dan Wakil Walikota Jambi Abdullah Sani.

Sedangkan Walikota ataupun Wakil dari dua daerah tak nampak, yakni Prabumulih dan Pagaralam. Walikota Prabumublih Ridho Yahya hanya mengutus Asisten II A Sobri, sedangkan Walikota Pagaralam Ida Fitriati diwakilkan Asisten I Rahmad Hidayat. (sripo)
Tags: , ,