Beberapa Hari Lagi Kotak Hitam MH370 Segera Ditemukan

Kapal Ocean Shields (Foto: Reuters)

Jurnal, Perth - Pencarian lebih dari satu bulan atas pesawat Malaysia Airlines MH370 mendapatkan sokongan kuat setelah kapal Angkatan Laut Australia kembali mendeteksi dua sinyal yang diduga berasal dari kotak hitam pesawat. Tim pencari mengklaim pesawat akan segera ditemukan.

"Saya saat ini merasa optimistis bahwa pesawat atau apapun yang tersisa dari pesawat akan segera ditemukan. Tetapi kami masih belum menemukannya, karena ini pekerjaan yang sangat menantang," ujar Ketua Tim Gabungan Pencarian (JACC) Angus Houston, seperti dikutip Associated Press, Rabu (9/4/2014).

Sebelumnya dikabarkan, sinyal pinger dari kotak hitam itu dideteksi sekira 1.645 kilometer sebelah barat laut Perth, Australia. Ini adalah indikasi terkuat bahwa pesawat itu memang berada di wilayah di mana telah diperkirakan sebelumnya.

Houston pun sebelumnya menyebutkan bahwa mereka melakukan pencarian di wilayah yang tepat. Tetapi dirinya belum bisa memastikan, hingga ditemukan puing.

Para ahli dari JACC dan produsen kotak hitam di Amerika Serikat (AS), telah mengonfirmasi bahwa sinyal 33,31 kHz berasal dari perekam data penerbangan kotak hitam. Menurut JACC jelas sekali bahwa sinyal itu berasal dari kotak hitam, bukan dari hewan apapun di bawah laut.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 dinyatakan hilang pada 8 Maret 2014 lalu. Pesawat hilang dengan membawa 239 penumpangnya usai lepas landas dari Kuala Lumpur dengan tujuan Beijing, China. (okezone)
Tags: ,