1000 Prajurit TNI Ditarik ke Jakarta

Ilustrasi Kebakaran Hutan (Foto: Reuters)
Jurnal, Jakarta - Sebanyak 1000 prajurit TNI dari tiga kesatuaan akan ditarik dari lokasi kebakaran hutan dan lahan di Riau. Hal ini karena pihak penanggulangan asap mengklaim telah berhasil memadamkan api.

"Pada 4 April ini semua pasukan TNI terdiri dari Kostrad, Paskhas dan Marinir akan kita tarik. Hal ini sesuai intruksi Presiden Susilo Bambang Yodooyono (SBY) bahwa penanganan kebakaran hutan dan lahan harus selesai pada tiga pekan," kata Kepala Penerangan Penanggulangan Asap Riau Kolonel TNI Robert Bernandus Selasa (1/4/2014).

Selain seribu personil dari Jakarta, sekitar 4000 pasukan lain yang terdiri dari TNI, Polri, pemadam kebakaran dan aparat pemerintah daerah  juga akan ditarik. "Untuk aparat di daerah penarikannya akan dilakukan secara bertahap. Karena kita melihat kondisi perkembangan di lapangan," ungkapnya.

Untuk memastikan kebakaran hutan apakah berjalan dengan baik, hari ini Kelapa BNPB Syamsul Maarif, Kapolda Riau Brigjen Condro Kirono Kepala Penanggulangan Kabut Asap yang juga Komandan Korem 031 Wirabima meninjau sejumlah di Riau dari udara.

"Tujuannya untuk memastikan apakah masih ada titik api lagi. Karena berdasarkan data dari BMKG, saat ini titik api di Riau nihil," ucapnya.

Namun demikian, laporan dari satgas darat, lanjut Robert, masih ada titik api yang berada di Rupat Kabupaten Bengkalis. "Jadi kalau ada kebakaran lagi kepedepannya itu sudah tanggung jawab pemerintah daerah," imbuhnya. (okezone)
Tags: ,