Pemkab OKI Siapkan Dua Strategi Pengentasan Kemiskinan

Suasana Musrenbang Kabupaten OKI

Jurnal, Kayuagung - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menyiapkan dua strategi pengetasan kemiskinan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang-RKPD) Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun 2015, di Gedung Kesenian Kayuagung, beberapa hari yang lalu.

Kepala Bappeda Kabupaten Ogan Komering Ilir, Makruf, CM mengatakan, langkah pengentasan kemiskinan di Kabupaten OKI difokuskan pada dua langkah, yaitu pengurangan beban pengeluaran keluarga miskin dan peningkatan pendapatan keluarga miskin.

Mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin berupa bantuan atau subsidi bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar seperti bantuan bea siswa keluarga miskin, pendidikan gratis, kesehatan berupa penyediaan satu desa satu poskesdes, satu desa satu PAUD, kependudukan gratis, bantuan PLTS, serta subsidi pembayaran PBB.

Untuk meningkatkan pendapatan keluarga miskin di Ogan Komering Ilir, dilakukan dengan menciptakan akses bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha ekonomi produktif, pembentukan satu desa satu koperasi, pemanfaatan SDA potensial, optimalisasi program padat karya, bina keluarga sejahtera, serta peningkatan sarana latihan kerja.

Selain itu, menurut Makruf, program-program ini juga akan di back-up oleh program pusat seperti Bantuan Perlindungan Sosial (BPS), Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Khusus untuk BSM, menurut dia, pemerintah terus melakukan perbaikan penyaluran BSM, dimana Bank Pembangunan Daerah (BPD) akan menjadi jejaring BSM bersama pemerintah pusat.

Dia menjelaskan, kedua strategi ini tidak hanya berfungsi menurunkan angka kemiskinan, tetapi juga berguna untuk menurunkan tingkat kesenjangan sosial atau gini ratio. (Humas OKI)
Tags: ,