Tiga Kementerian Malaysia Bentuk Tim Selidiki Hilangnya MH370


Menteri Transportasi Malaysia Hishammudin Hussein (Foto: Reuters)

Jurnal, Kuala Lumpur - Tiga Kementerian Malaysia telah membentuk jalur tunggal untuk melakukan penyelidikan hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370. Badan tersebut dibentuk untuk memperkuat pencarian dari pesawat nahas itu.

"Untuk memperkuat upaya pencarian, kami membentuk badan komite yang terdiri dari tiga komite kementerian," ujar pejabat sementara Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein, seperti dikutip the Star, Selasa (8/4/2014).

"Badan ini akan dipimpin oleh Deputi Menteri Luar Negeri yang akan memberikan keterangan kepada keluarga penumpang. Komite Teknis akan dipimpin oleh Deputi Menteri Transportasi dan Komite Pengurusan Aset akan dipimpin oleh Deputi Menteri Pertahanan," lanjut Hishammuddin.

Menurut Hishammuddin, ketiga komite ini akan sudah pekerjaan mereka dan akan melapor kepada publik sesegera mungkin. Ketiga komite ini telah melakukan penyelidikan terkait isu yang relevan.

"Ketiga komite ini akan memiliki tugas penyelidikan masing-masing. Kelompok teknis penerbangan akan menyelidiki isu seperti catatan perawatan pesawat, struktur serta sistemnya. Kelompok operasi akan memeriksa rekaman data pesawat, operasi, meteorologi," lanjutnya.

Sementara menurut Hishammuddin, kelompok faktor manusia dan kesehatan akan menyelidiki isu seperti psikologis, patologi dan faktor keselamatan.

Selain itu Hishammuddin juga menentukan kepemilikan kotak hitam berdasarkan praktik yang ditentukan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO). Dirinya akan membahasnya dengan Jaksa Agung Malaysia Tan Sri Abdul Gani Patail. (okezone)
Tags: ,