Tornado dengan Diameter 800 Meter Hantam AS

Tornado yang mengumpulkan kekuatannya (Foto: Reuters)

Jurnal, Arkansas - Sebuah topan tornado melanda wilayah di Arkansas, Amerika Serikat (AS). Diperkirakan banyak korban jiwa berjatuhan akibat bencana ini.

Tornado menyapu wilayah Vilonia, Arkansas pada Minggu 27 April 2014 atau Senin 28 April 2014 waktu Indonesia. Menurut juru bicara kantor Sherif Wilayah Faulkner, diperkirakan banyak warga yang menjadi korban, namun dirinya tidak bisa memastikan jumlah korban.

Seorang pemburu tornado di Mayflower, Arkansas menyebutkan angin berkekuatan besar itu menyerang wilayah hingga 35 kilometer (Km) sebelah barat laut Little Rock. Tornado diketahui memiliki luas dengan diamater 800 meter. Demikian diberitakan Reuters, Senin (28/4/2014).

Dalam laporan pihak berwenang AS, tornado ini sudah menewaskan satu orang di Oklahoma. Namun pihak Badan Cuaca Nasional dan media menyebutkan jumlah korban mencapai dua orang.

Polisi dan tim SAR sudah dikerahkan untuk mencari korban selamat akibat tornado ini di Quapaw. Tetapi hingga saat ini belum dapat dipastikan korban jiwa akibat tornado itu.

Selain di Arkansas, tornado juga dilaporkan terjadi di Iowa, Kansas, Nebraska dan Missouri pada Minggu sore dan malam waktu setempat. Kekuatan tornado membuahkan kerusakan tanpa diketahui mengenai korban jiwa. (okezone)
Tags: ,