Alex Noerdin Buka MTQ Tingkat Sumsel ke-26 di Sekayu

Penabuhan genderang oleh Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin diikuti semua Bupati dan Walikota se Sumatera Selatan menandai acara pembukaan Musbaqoh Tilawatil Qur an (MTQ) ke-26 tingkat Provinsi di Kabupaten Muba, Sabtu (10/5/2014) kemarin.

Jurnal, Sekayu - Acara pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) XXVI tingkat Provinsi di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) resmi dibuka. Opening ceremony tersebut ditandai dengan penabuhan genderang yang dipimpin Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan diikuti semua Bupati dan Walikota se Sumsel.

Dalam ajang MTQ kali ini diikuti sebanyak 756 peserta dari 17 kafilah dari semua kabupaten di Sumsel. Tuan rumah Kabupaten Muba sendiri menurunkan sebanyak 50 peserta, sedangkan OKU Timur yang merupakan juara umum ketika MTQ ke-25 di Musi Rawas mengirimkan 50 peserta.

Berdasarkan pantauan Sripoku.com di lapangan, ribuan masyarakat Muba tumpah ruah di Kota Sekayu, sejak sore hari gelanggang remaja tempat berlangsungnya pembukaan MTQ telah ramai dipenuhi masyarakat yang ingin menyaksikan berbagai peragaan yang ditampilkan seperti, Tari Kreasi Pelangi Cahaya, drum band, dan Tari Setabik. Bahkan, situasi semakin bertambah riuh dan bersemangat saat Raja Dangdut Indonesia Rhoma Irama tampil di atas panggung membawakan lagu-lagu yang tentunya sangat familiar di telinga masyarakat. Suara dan alunan nada dari music membuat ribuan masyarakat yang hadir terbius dan terpana dengan penampilan Bang Rhoma.

MTQ ke-26 diikuti oleh 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel. Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dalam sambutannya mengatakan, ajang tahunan ini diharapkan dapat melahirkan qori dan qoriah berbakat yang memiliki potensi di Provinsi Sumsel, sehingga mampu berperstasi lebih tinggi baik pada tingkat nasional maupun tingkat internasional. Ia juga meminta dukungan dan doa kepada masyarakat, agar Provinsi Sumsel dapat menjalankan MTQ internasional dengan lancar dan sesuai, dengan harapan karena kalau hal tersebut terjadi maka, Sumsel merupakan provinsi pertama di dunia yang berhasil menggelar MTQ tingkat Internasional bukan di ibukota negara.

Alex juga berharap masyarakat senantiasa mendukung program pemerintah Sumsel untuk memenangkan kompetisi untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang.

“Kita juga akan melaksanakan MTQ tingkat Internasional pada akhir September mendatang. Hingga saat ini sudah ada 53 negara yang mendaftar dan dioperkirakan jumlah peserta akan terus bertambah,” ujar Alex.

Atas dasar itulah, mantan Bupati Muba ini mengharapkan dukungan penuh seluruh masyarakat, terutama masyarakat Kabupaten Muba, agar pelaksanaan MTQ tingkat internasional di Kota Palembang dapat berjalan lancar dan baik.

“Saya mengundang seluruh kafilah untuk ikut menyaksikan qori dan qoriah internasional berlaga di Kota Palembang,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Muba H Pahri Azhari mengatakan, acara MTQ ini adalah berkat dukungan dan doa dari semua pihak, untuk itu Pahri mengajak semua pihak untuk mendukung pelaksanaan MTQ sampai dengan selesai, juga kepada semua peserta Pahri mengucapkan selamat datang dan marilah berkompetisi dengan sehat agar siapapun yang mengan dapat mewakili sumsel diajang MTQ tingkat nasional di Riau mendatang.

"Saya berterimkasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras demi terlaksananya MTQ ke-26 yang begitu meriah ini, dan kepada Dewan hakim berikanlah penilaian yang terbaik sehingga yang terbaik yang akan menang," ungkapnya. (sripo)
Tags: , ,