Cegah Insiden MH370, Komunikasi Satelit Gratis Bagi Maskapai

Malaysia Airlines MH370 hingga kini belum ditemukan. (Foto: Straits Times)

Jurnal, London - Penyedia layanan komunikasi satelit, Inmarsat Plc, menawarkan layanan gratis bagi pesawat yang terbang di atas wilayah laut. Hal tersebut diberikan guna mencegah insiden pesawat MH370 kembali terulang.

"Penawaran ini akan bertanggung jawab, cepat dan sedikit ataupun tanpa biaya bagi industri penerbangan, berkaca pada peristiwa tragis baru-baru ini," tutur CEO Inmarsat, Rupert Pearce, seperti dilansir dari Ledger Enquirer, Selasa (13/5/2014).

Tawaran tersebut diberikan menjelang konferensi terkait pencarian MH370 yang diselenggarakan di Kanada. Sebelumnya, International Civil Aviation Organization (ICAO), mengadakan pertemuan khusus di Montreal pada Senin, 12 Mei 2014.

ICAO diharapkan datang membawa sejumlah rekomendasi yang akan disampaikan pada Selasa pekan ini. Inmarsat juga akan menawarkan peningkatan posisi, baik fasilitas dan juga kotak hitam pesawat.

Saat ini, perusahaan Inggris tersebut sudah memberikan layanannya pada sekira 11 ribu pesawat penumpang komersial. Pesawat-pesawat itu sudah dilengkapi oleh koneksi satelit Inmarsat.

Sekadar informasi, Inmarsat Plc berdiri pada 1979, awalnya perusahaan milik pemerintah ini membantu melacak kapal-kapal di laut. Namun pada 1999, perusahaan tersebut beralih menjadi perusahaan swasta. Saat ini konsumen Inmarsat Plc adalah layanan penerbangan, media penyiaran, perusahaan minyak dan gas. (okezone)
Tags: ,