Iskandar, SE: Pers Pilar Demokrasi


Jurnal, Kayuagung - Bupati Ogan Komering Ilir, Iskandar, SE mengatakan Insan pers merupakan pilar demokrasi keempat setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif mengingat peran pers amat penting selaku kontrol sosial.

“Walaupun berada di luar sistem politik formal, keberadaan pers memiliki posisi strategis dalam informasi massa, pendidikan kepada publik sekaligus menjadi alat kontrol sosial” Ujar Iskandar, SE pada pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Ogan Komering Ilir di Pendopo Kabupaten Kayuagung, Kamis (22/5).

Iskandar juga mengajak Insan pers untuk bersama-sama membangun OKI. “ini kesempatan yang baik, saya ingin mengajak rekan rekan pers untuk bersama sama membangun Kabupaten ini melalui tugas dan fungsi kita masing-masing. Pemerintah berusaha mewujudkan kesejahteraan dan harapan masyarakat, Pers membangun OKI melalui pemberitaan-pemberitaan yang menganut Sendi-Sendi kode etik jurnalistik yang adil dan berimbang, yang bersifat independen, menghasilkan berita yang akurat, dan tidak beritikad buruk serta pers yang memiliki daya kritik” ujar Iskandar.

Endri Irawan SH selaku ketua PWI OKI 2014 – 2017, berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Insan pers OKI yang sehat dan bersahabat dengan mengedepankan kode etik pers, “Mari kita tingkatkan Profesionalitas organisasi dan mewujudkan insane pers yang beretika dan bertanggung jawab, guna mendukung percepatan pembangunan menuju Kab. OKI maju, mandiri, sejahtera berlandaskan Iman
dan Taqwa” Ujar Endri.

Sementara itu Ketua PWI Provinsi Sum – Sel Ocktap Riady SH dalam sambutannya mengajak awak media di OKI untuk mendukung program pemerintah dalam membangun OKI dengan memberikan berita – berita yang berkualitas dan berimbang.

“Kritik boleh tentunya harus yang berkualitas dan membangun, dengan berita-berita yang berkualitas itu bentuk sumbangsih kita kepada daerah” ujar Octap. Pers sekarang ini menurut Oktap dituntut untuk mengedepankan kode etik. (kayuagungradio)
Tags: ,