Kabupaten OI Dapat Jatah 1.500 Persil Pembuatan Serttifikat Prona

Logo BPN RI

Jurnal, Indralaya - Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Ogan Ilir yang memiliki tanah tetapi belum punya sertifikat. Badan Pertanahan Ogan Ilir pada tahun 2014 ini memberikan sertifikat Prona (Proyek Operasi Nasional Agraria) kepada masyarakat sebanyak 1.500 persil.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten OI Jakun Edi, Rabu (21/5) di ruang kerjanya mengatakan Prona sudah menjadi agenda tahunan pemerintah pusat.

Prona merupakan proses pensertifikatan tanah secara massal yang pelaksanaannya dilakukan secara terpadu dan ditujukan bagi segenap lapisan masyarakat.

“Tahun ini, target dari pemerintah pusat sebanyak 1.500 persil, yang luasnya antara tanah perumahan dan pekarangan maksimal 3 ribu meter persegi,” tutur Kepala Pertanahan Kabupaten OI, Rabu (21/5).

Dijelaskan Jakun, saat ini pihaknya sudah melakukan pengukuran lahan warga di seluruh Kabupaten OI. Lanjutnya, yang jelas kepengurusan sertifikat tanah melalui program Prona lebih murah dibandingkan permohonan rutin biasa, dikarenakan telah disubsidi oleh pemerintah.

“Saat ini, sudah 40 persen terpenuhi. Minimal pada Juni ini, sudah terpenuhi lebih dari 40 persen, namun kita terus berupaya semaksimal mungkin mencapai target yang telah diberikan oleh pemerintah pusat,” ungkapnya. (sripo)
Tags: ,