Kemendikbud Gagas Gerakan Indonesia Berkibar

Gerakan Indonesia Berkibar. (Foto: dokumentasi pribadi)

Jurnal, Jakarta - Guna meningkatan kualitas pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gerakan Indonesia Berkibar (GIB) dan Putera Sampoerna Foundation (PSF) bersama-sama mencanangkan inisiatif program untuk Percepatan Pembangunan Melalui Pendidikan yang didukung bersama Pemerintah Daerah, BUMN dan sektor swasta di beberapa wilayah di Indonesia.

GIB adalah gerakan sosial yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. GIB berperan sebagai penghubung untuk berbagai informasi dan aspirasi mengenai pendidikan, dengan memberikan solusi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Untuk mendapatkan hasil yang signifikan, GIB fokus pada bidang pendidikan formal yaitu perbaikan kualitas sekolah secara holistik dan juga pendidikan informal.

Gerakan ini memfasilitasi pemerintah daerah serta korporasi dan BUMN untuk menandatangani kesepakatan program "Percepatan Pembangunan Melalui Pendidikan" di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta dan dihadiri oleh Wamendikbud Bidang Pendidikan, Musliar Kasim. Tujuan penandatanganan kesepakatan ini adalah membantu pemerintah meningkatan percepatan pembangunan melalui pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.

"Dukungan dari gerakan ini sesuai dengan tujuan Kementerian Pendidikan dalam meningkatkan ketersediaan, memperluas keterjangkauan, meningkatkan kualitas, mewujudkan kesetaraan dan menjamin kepastian memperoleh layanan pendidikan di Indonesia," ujar Musliar dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/5/2014).

Tujuannya, kata Musliar, agar dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, Inovatif, kreatif, afektif melalui peningkatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Salah satunya Kemendikbud juga menggandeng perusahaan melalui dana CSR yakni PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT) sebagai pengelola jaringan ritel Alfamart Alfamidi.

"Program yang akan diinisiasi SAT bersama dengan PSF adalah Pembinaan Sekolah dasar tiga Sekolah Dasar binaan yang berada wilayah Tangerang sebagai pilot project. Tujuan utamanya adalah peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dari yang kurang baik menjadi setara dengan sekolah-sekolah unggulan. Selain itu akan ada juga pelatihan untuk peningkatan kualitas para guru di beberapa kota," jelas Corporate Affairs Director PT SAT Solihin. (okezone)
Tags: ,